PMII Ciamis Serahkan Kantong Plastik Ramah Lingkungan (RAMLING) kepada Bupati

8

Dalam rangka mendukung Peraturan Bupati No. 27 tahun 2021, PMII Ciamis telah membagikan kantong plastik ramah lingkungan (RAMLING) sebanyak 100 pack ke beberapa DKM-DKM di daerah Ciamis pada hari Sabtu lalu (17 Juli 2021),  dengan harapan agar saat panitia kurban membagikan daging kurban kepada masyarakatnya, sudah tidak menggunakan lagi kantong plastik biasa (kresek), tetapi menggunanakan kantong plastik yang ramah lingkungan.

Irsal selaku ketua PC PMII Ciamis menyampaikan, “perlu diketahui bersama bahwasannya kantong plastik yang telah PMII bagikan bukan sekedar plastik biasa, tetapi ini plastik yang ramah lingkungan dengan teknologi Oxium melalui 3 tahap tier, yakni Oksidasi-Biodegradasi-Ekotoksisitas yang akan mempercepat plastik ini terdegradasi dan terfragmentasi hingga terurai 2-4 tahun saja”.

Irsal menambahkan, “ketika sampah (plastik) berada di lingkungan/sudah dibuang, mereka tidak bisa cepat membusuk seperti bahan alami. Tentu dengan kehadiran sampah plastik ini merupakan ancaman bagi lingkungan kita semua yang harus kita perhatikan. Karena permasalahan sampah (plastik) itu berada pada waktu yang dibutuhkan untuk mengurainya harus lama hingga ratusan tahun”.

Iklan Layanan Masyarakat

Irsal berharap, “dengan adanya Peraturan Bupati ini, kedepannya persolan-persoalan sampah khususnya sampah plastik yang ada di ciamis bisa terselesaikan dengan tuntas dan lingkungan bisa terjaga” tambahnya.

Irsal juga mengajak kepada seluruh stake holder dan masyarakat di ciamis, “untuk mari bersama-sama menumbuhkan kesadaran, menjaga lingkungan, dengan memulai menggunakan plastik yang ramah lingkungan, jangan menggunakan plastik biasa karena itu akan berdampak pada lingkungan kita”.


“Mari bersama-sama menjaga lingkungan kita, jangan sampai masyarakat abai akan persoalan ini, kesadaran bersama akan menjadi penentu bagaimana kita menjaga alam dan se-isinya” pungkasnya.

Tepat pada hari ini senin (19 Juli 2021), PMII Ciamis menyerahkan secara simbolis Kantong Plastik Ramah Lingkungan (RAMLING) ini kepada Bupati Ciamis (Dr. H. herdiat Sunarya, MM).

Bersamaan dengan itu Bupati menyampaikan, “apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada PMII Ciamis, yang mana sudah bisa menginisiasi dan menginovasi untuk membagikan kantong plastik untuk kurban yang ramah lingkungan ini, berbeda dengan kantong kresek yg seperti biasa, kalau kresek yang biasa bisa hancur dengan waktu yang lama, tetapi kalau kantong kresek ramah lingkungan ini bisa hancur 2 sampai 4 saja, menyatu dengan tanah dan zat-zat yang lainnya”.


Terakhir bupati mengucapkan “terimakasih banyak kepada sahabat-sahabat PMII yang telah mendukung PerBup tentang ini, semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat di tatar galuh ciamis” pungkasnya.

Hadir juga pada kesempatan itu Kepala DPRKPLH (Dr. H. Taufik Gumelar, ST, MM) beliau menyampaikan, “sangat mengapresiasi dan mendukung dari rekan-rekan PMII semua atas apa yang menjadi inovasi tentang penggunaan sampah plastik yang ramah lingkungan”.


Beliaupun mengajak kepada seluruh masyarakat, ‘untuk bersama-sama menciptakan ciamis bebas dari sampah plastik sesuai PerBup No. 27 tahun 2021″ tuturnya.

Previous articleSuka – duka Pelajar saat Belajar Daring di Masa PPKM
Next articleIkatan Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Farabi Pangandaran Gelar Webinar Dialog Interaktif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here