Pramuka Ma’arif Perkuat Jiwa Sosial dan Patriotisme

53
Pramuka Ma'arif Perkuat Jiwa Sosial dan Patriotisme

Majalengka – Kepedulian para pemuda terhadap kehidupan bermasyarakat dan kecintaan terhadap tanah air harus terus ditanamkan sejak dini. Salah satunya melalui kegiatan kepramukaan di lembaga pendidikan. Hal ini yang dilakukan oleh Satuan Dewan Ambalan Pramuka Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Darul Ma’arif Cikedung Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka dalam Acara Pelantikan Dewan Ambalan di Kampus SMK Darul Ma’arif, (Sabtu, 8/2).

Pembina Pramuka SMK Darul Ma’arif Cikedung, Aan Subarhan mengatakan selain melatih kedisiplinan dan problem solving seperti penjelajahan, anak-anak pramuka SMK Darul Ma’arif juga dibiasakan untuk bisa berbaur dan berbakti kepada masyarakat melalui anjang sana shilaturrahmi menggali sejarah dan potensi desa serta melakukan kerja bakti. “Anak-anak Pramuka disini diluar latihan ilmu kepramukaan dan kedisiplinan juga dibekali dengan pembiasaan bergaul dan berbakti kepada masyarakat”, katanya disela-sela acara.

Ia pun mengungkapkan kebiasaan bergaul dan berbakti kepada masyarakat sengaja dilatih sejak dini agar kelak anak didiknya sudah terbiasa memberikan manfaat dan tampil di masyarakat. Diharapkan ke depan ketika sudah berada di masyarakat anak-anak sudah berani tampil dan mampu memberikan manfaat. Makanya latihannya juga terkait dengan sosiologi seperti menjalin komunikasi dengan para kepala desa atau tokoh masyarakat dalam menggali berbagai informasi yang positif”, ungkap aktifis muda NU ini.

Iklan Layanan Masyarakat

Bahkan jauh dari itu, Kang Aan biasa ia disapa berharap ketika sudah mau berbaur dan berbakti kepada masyarakat maka akan tertanam kuat rasa cinta terhadap tanah air dan jiwa patriotismenya. “Akhir dari semuanya diharapkan tumbuh kuat pula rasa cinta terhadap tanah air dan jiwa patriotisme dalan diri anak-anak”, harapnya.

Senada dengan Aan, Kepala SMK Darul Ma’arif Cikedung, Dra. Hj. Tuti Kurniati, M.Ag bersyukur atas antusisme anak-anak didiknya dalam menggeluti proses pendidikan dengan berbagai kegiatannya. “Tentunya, kami merasa bersyukur dan bangga anak-anak semangat menempuh pendidikan disekolah ini”, katanya.


Ia pun terus memotivasi anak didiknya untuk mengembangkan semua potensi dirinya agar kelak betul-betul dapat berguna bagi nusa, bangsa dan agama”, tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here