The news is by your side.

Ribuan Pohon di Tanam Peserta Kemah Budaya Lesbumi Kab. Bandung dalam Rangka Hari Menanam Pohon Sedunia

Ribuan Pohon di Tanam Peserta Kemah Budaya Lesbumi Kab. Bandung dalam Rangka Hari Menanam Pohon Sedunia | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa Barat

Bambang Melga Suprayogi – Peringatan hari menanam pohon dunia yang selalu diperingati setiap tanggal 28 November, di laksanakan oleh Lesbumi PCNU kabupaten Bandung, bersama Lembaga NU lainnya serta Banom, dengan melibatkan para santri dari pesantren terdekat yang berada di sekitar lokasi penanaman pohon, dan dilangsungkan juga kemah Budaya pada hari Rabu dan Kamis kemarin, mulai dari tanggal 29 dan 30/11/2023.

Lokasi penanaman pohon dan kemah budaya yang mengusung tema,
“Penanaman Pohon dlm Rangka Merawat Jagat Membangun Peradaban” ini, berlangsung dengan baik, yang melibatkan peserta dengan mengajak mereka untuk mentadaburi alam, membawa mereka dalam kemah budaya, untuk kemping dilokasi taman wisata alam Cimanggu, Ciwidey kabupaten Bandung,

Hari menanam pohon dunia di kabupaten Bandung ini mengambil tema, “Penanaman Pohon alam Rangka Merawat Jagat Membangun Peradaban” dibuka oleh KH. Imron Rosyadi selaku Sekretaris PCNU kabupaten Bandung.

Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut adalah seluruh pengurus Lembaga PCNU, Banom PCNU, Mahasiswa & santri pondok pesantren di Kab. Bandung. Kegiatan ini di prakarsai oleh Viki Taufiq sebagai Ketua Lesbumi PCNU Kab. Bandung sekaligus sebagai Ketua panitia pada kegiatan ini.

“Pohon yang ditanam pada kesempatan hari menanam pohon sedunia di kabupaten Bandung ini, disediakan oleh Eyang memet, ia adalah tokoh lingkungan hidup yang sudah termashur di wilayah Jawabarat, dengan yayasan Panatagiri yang di sesepuhi oleh beliaunya, yang telah menjalin kerjasama yang cukup baik dengan PCNU Kab. Bandung terutama di bidang lingkungan.” Ujur Vicky dalam penjelasnya.

Adapun Tujuan dari diselenggarakanya acara ini adalah sebagai berikut, “membangun silaturohmi yg lebih erat antar pengurus baik Lembaga dan banom di tingkat PCNU Ka. Bandung, membangun spirit menanam pohon upaya merawat jagat membangun peradaban kepada seluruh peserta, mengedukasi bahwa pentingnya menanam pohon dlm perspektif ekonomi, reliji danbudaya, membangkitkan spirit menanam pohon kpd pelajar formal maupun nonformal, yang terakhir adalah mengajak bertadabbur Alam.” Ungkap Vicky ketua Lesbumi sekaligus merangkap ketua pelaksana.

Ribuan Pohon di Tanam Peserta Kemah Budaya Lesbumi Kab. Bandung dalam Rangka Hari Menanam Pohon Sedunia | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa Barat

“Jumlah pohon yang di tanam pada kegiatan ini alhamdulillah sebanyak 2.500 pohon, acara ini di selenggarakan dari hari Rabu dan kamis di mulai dari pukul 08.00 dan acara terselesaikan pada hari kamis pkl 13.30 wib.” Papar Vicky menjelaskan kembali.

Ucapan terimakasih disampaikan oleh ketua Pelaksanaan menanam pohon dunia sekaligus kemah budaya ini kepada para peserta yang telah bisa mendukung acara ini, ” terutama ketika acara penanaman yang juga dihadiri oleh BKPSDA, Walhi, dan rekan-rekan para Pecinta Alam Kabupaten Bandung, para pengurus lembaga NU, Banom, Ketua MWCNU yang Hadir, dan para Santri.” Ungkap Vicky ketua Lesbumi kabupaten Bandung ini menyampaikan rasa terimakasihnya atas support semua peserta yang mengikuti acara tersebut.

Bambang Melga Suprayogi
Ketua LTN NU Kabupaten Bandung

Leave A Reply

Your email address will not be published.