The news is by your side.

Sekretaris MWCNU Kemang : Makesta Ajang Pengkaderan Dini Nahdlatul Ulama

Sekretaris MWCNU Kemang : Makesta Ajang Pengkaderan Dini Nahdlatul Ulama | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa Barat

Abdul Mun’im Hasan – Kemang, Kab. Bogor – Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) merupakan jenjang kaderisasi formal pertama dalam organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Kemang mengadakannya di Aula Pondok Pesantren Riyadlul Ulum, pada hari Jumat (1/7).

IPNU dan IPPNU Sebagai badan otonom organisasi Nahdlatul Ulama (NU). Makesta diharapkan mencetak kader yang mampu menghidupkan NU di tengah masyarakat.

Ustadz Ahmadi selaku Sekretaris MWCNU Kemang mengatakan, secara lahiriyah Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) adalah gerbang awal kader-kader pemula Nahdliyin, mereka para pelajar belajar berjamiyah di NU. Untuk membentuk mereka beraqidah ala Ahlussunah wal jamaah An-Nahdliyah bagi generasi milenial.

“Hendaknya bagi para pelajar sudah diperkenalkan bagaimana ber-NU dan beraqidah ala Ahlu sunnah wal Jamaah An-Nahdliyah,” Ucapnya

Makesta merupakan pengalaman pertama bagi mereka yang akan berjam’iyah. Menjadi sangat penting bagi para pelajar NU,” katanya pada kegiatan Makesta yang diselenggarakan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) – Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Kemang .

“Makesta merupakan pintu gerbang yang harus dilalui oleh calon-calon kader NU. Karena di situ diajarkan bagaimana berorganisasi dan pengenalan NU secara menyeluruh, sehingga bagi anak muda yang ingin bergabung di IPNU-IPPNU, maka Makesta harus diikuti,” Jelasnya

Senada dengannya, Zaki Fadillah (Ketua IPNU) dan Amelda (Ketua IPPNU) Kec. Kemang bahwa Makesta akan melahirkan kader-kader muda untuk bisa meneruskan estafet para Ulama, Kiai, dan kaum Intelektual untuk meneruskan kepemimpinan di tubuh NU.

“Tentu karena zaman terus berubah dan berkembang, berbagai bekal harus dimiliki kaum muda NU, jangan sampai ketinggalan zaman. Agar generasi muda mencintai negeri ini dan tertanam rasa kebangsaan yang kuat juga beraqidahkan sesuai dengan para Kiai kita di NU,” Tegas Ketua PAC IPNU Kemang Kab. Bogor.

Dijelaskan, Makesta IPNU-IPPNU harus dijadikan langkah awal realisasi proses pengkaderan dini di tubuh NU. Dirinya berharap pengkaderan yang dilakukan jajaran Badan Otonom NU seperti IPNU-IPPNU, Fatayat, dan Ansor dapat menghasilkan kader-kader NU yang berkualitas.

“Aktif di NU tidak bisa dilakukan secara instan, harus melalui proses yang cukup panjang dan berjenjang, sebelum mengikuti proses pengkaderan di NU dan perangkat organisasi lainnya para pelajar NU dikenalkan secara detail tentang Jamiyah NU di arena Makesta” Pungkasnya

Sementara itu, Tomi Kepala Unit Satuan Polisi Pamong Praja (Kanit Satpol PP) Kecamatan Kemang perwakilan dari Pemerintah Kecamatan Kemang merasa sangat bangga adanya kegiatan Makesta.

“Kegiatan ini, karenanya dapat membentuk generasi muda pelajar yang cinta NKRI. Berkarakter Nusantara yang religi sesuai ajaran Kanjeng Nabi Muhammad SAW. Semoga kegiatan ini bisa terus dilakukan tidak berhenti dihari ini untuk generasi muda yang lebih baik,” Tutupnya.

Dihadiri oleh Pihak Pemerintah Kecamatan Kemang, Pejabat Desa Pondok Udik, Kapolsek, Danramil, Satpol PP, PAC Muslimat NU Kemang, PAC Fatayat NU Kemang, PAC Ansor Kemang, Banser Kemang dan DKM Masjid Nurul Jadid.

Pewarta : Abdul Mun’im Hasan

Leave A Reply

Your email address will not be published.