26.7 C
Bandung
Selasa, Agustus 16, 2022

teras islam moderat online NU Jawa Barat

Must read

LTN NU Jabar
LTNNU Jawa Barat adalah salah satu lembaga di bawah naungan PWNU Jawa Barat yang membidangi publikasi, informasi dan komunikasi.

Ajak Semua Pengurus Pondok Pesantren Se- Kecamatan Langkaplancar, PAC IPNU IPPNU Langkaplancar Gelar Sosialisasi Bank Sampah

Ajak Semua Pengurus Pondok Pesantren Se- Kecamatan Langkaplancar, PAC IPNU IPPNU Langkaplancar Gelar Sosialisasi Bank Sampah | NU Jawa Barat

Sirojul Fauzi – Pengurus anak cabang (PAC) Ikatan pelajar Nahdlatul ulama (IPNU) dan ikatan pelajar putri nahdlatul ulama (IPPNU) Kecamatan Langkaplancar menggelar sosialisasi bank Sampah kepada pengurus pondok pesantren yang ada dilangkaplancar,pada Rabu,29 Juni 2022.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh 30 peserta yang berasal dari perwakilan Pondok Pesantren,yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Al Hamidiyah,Desa Pangkalan.

Hadir juga,Ketua PC IPNU Kabupaten Pangandaran,Rekan Luki Abdullah dan Direktur Bank Sampah Kita(BSK) Karangkamiri,sekaligus menjadi narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Bank Sampah yakni,Kang Aziz.

Luki Abdullah Mengatakan dalam sambutannya,Kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sangat lah sulit ketika tidak di biasakan dari diri sendiri.

“Maka,dengan adanya sosialisasi Bank Sampah ini diharapkan pelajar dan santri dapat mengolah sampah dan barang bekas untuk dijadikan barang dengan fungsi ekonomi”,pungkas Luki ( Ketua PC IPNU Pangandaran).

Bank Sampah merupakan konsep pengumpulan sampah kering dan dipilah serta memiliki manajemen layaknya perbankan tapi yang ditabung bukan uang melainkan sampah.

Kemudian, sampah yang terkumpul akan dipilah dan dijual kepada pembeli, dimana hasil dari penjualan sampah kering tersebut dapat digunakan untuk kegiatan apapun yang ada di lingkungan mereka masing – masing.

Direktur Bank Sampah Kita,Kang Aziz mengatakan,tujuan sosialisasi Bank sampah ini ialah membangun rasa empati terhadap lingkungan khusus nya di pondok pesantren.

“Selain itu,kedepannya akan dibangun bank sampah di setiap pondok pesantren.Karena bank sampah adalah strategi untuk membangun kepedulian pelajar/santri agar dapat ‘berkawan’ dengan sampah untuk mendapatkan manfaat ekonomi langsung dari sampah”,tambah Aziz.

Jadi,manfaat langsung yang dirasakan dari bank sampah tidak hanya ekonomi, namun pembangunan lingkungan yang bersih, hijau dan sehat,tutup Azizi dalam kegiatan sosialisasi Bank sampah.

Dalam kegiatan tersebut,peserta sangat lah antusis,sehingga membuka pemikiran dan semangat untuk melakukan perubahan di lingkungan pondok pesantrenya.

Pewarta: U Sirojul Fauzi

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest article