Siap Gelar Liga Santri Nusantara 2019, RMI PWNU Jawa Barat Optimis Suguhkan Penyelenggaraan Terbaik

68
Siap Gelar Liga Santri Nusantara 2019, RMI PWNU Jawa Barat Optimis Suguhkan Penyelenggaraan Terbaik

Pendaftaran kepesertaan Liga Santri Nusantara (LSN) untuk Regional Jawa Barat (Jabar) mulai dibuka sejak hari ini, Selasa (24/9/2019).

Hal itu diungkapkan Ketua Pelaksana LSN Regional Jabar 1, Imam Taufik kepada awak media, Selasa (24/9). Dikatakan Imam Taufik, pendaftaran LSN untuk Regional Jabar 1 (Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majelangka, Kuningan, dan Subang) dibuka hingga 8 Oktober 2019 mendatang. Termasuk Regional Jabar 2 (Kota dan Kab Bandung, Kab Bandung Barat, Sumedang, Purwakarta, Karawang), Jabar 3 (Kota dan Kab Tasikmalaya, Garut, Kota Banjar, Ciamis dan Pangandaran) dan Jabar 4 (Kota dan Kabupaten Bekasi, Kab/Kota Bogor, Kabupaten/Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, dan Kota Depok).

Di mana, kata Imam, satu regional akan diisi 32 tim sepak bola. Segala kesiapan tentang pelaksanaan LSN diakui Imam Taufik sudah siap.

“Tahun ini sepakat dilaksanakan serentak di seluruh Regional Jabar baik 1, 2, 3, dan 4. Dan pendaftaran di seluruh Regional sudah dibuka,” ungkap Imam Taufik saat Konferensi Pers LSN 2019 di Gedung PWNU Jawa Barat.

Ia juga mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi secara intens ke seluruh Regional di Jawa Barat. Selain itu, sosialisasi melalui media sosial pun telah dilakukan.

“Kick off untuk Regional Jabar ini rencananya akan dilakukan 12 Oktober 2019 nanti. Kita hanya menyeleksi 32 tim sepak bola. Dan, itu harus dari pesantren,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat, KH Amin Maulana, mengatakan maksud dan tujuan diadakannya LSN 2019 ini untuk memperkuat tali silaturahim antar pondok pesantren yang berada dalam wadah RMI di seluruh Indonesia.

“Tentunya untuk mencari bakat dan bibit pemain sepakbola dari kalangan santri, dan untuk memperkuat ikatan persatuan dan kebangsaan di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kemudian kegiatan LSN tidak akan mugkin berjalan sukses tanpa adanya kerjasama dan partisipasi antara pihak pemerintah, swasta, dan masyarakat,” kata Kyai Amin.

Dikatakan juga oleh KH Asep Saefuddin Abdillah, Sekretaris PWNU Jawa Barat, pihaknya sangat mengapresiasi gelaran LSN 2019 ini di seluruh Jawa Barat.

“Termasuk keterlibatan Gubernur Jawa Barat H Ridwan Kamil dalam gelaran Liga Santri Nusantara sangat kami apresiasi. LSN 2019 ini butuh support semua pihak mulai dari pesantren-pesantren, pemangku kebijakan persepakbolaan, pemerintah, dan stakeholders lainnya,” kata Kyai Asep.

Kompetisi ini akan diikuti sebanyak 32 Tim (U-17) di setiap Regional. Adapun tahapan kegiatan LSN 2019 sebagai berikut:

  1. Launching LSN 2019 : 24 September 2019
  2. Pembukaan Pendaftaran : 16 September – 8 Oktober 2019
  3. Verifikasi, Screening Tim : 25 September – 10 Oktober 2019
  4. Manager & Technical Meeting – Drawing : 10 Oktober 2019
  5. Kick Off LSN 2019 : 12 Oktober 2019
  6. Final LSN 2019 : 20 Oktober 2019

Sementara itu untuk persyaratan peserta LSN 2019:

  1. Santri (dibuktikan dengan Kartu Santri dan sudah menjadi santri mondok/muqim 2 bulan)
  2. Usia maksimal 17 tahun (kelahiran tahun 2002)
  3. Melengkapi dokumen administratif :
    a. Fotokopi Kartu Keluarga;
    b. Fotokopi Kartu Santri;
    c. Fotokopi KTP/Ijazah/Buku Rapor terakhir;
    d. Surat keterangan sehat dari rumah sakit/fasilitas medis milik Pemerintah;
  4. Mengisi formulir yang disediakan panitia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here