The news is by your side.

Sukseskan 1 Juta Vaksin Booster

Sukseskan 1 Juta Vaksin Booster | NU Online Jawa Barat

LTNNU Jabar, Bandung – Jelang Idul Fitri 2022 ini, PBNU berkerjasama dengan Polri dan Kemenag mengadakan kegiatan dengan tajuk ” Sukseskan 1 Juta Vaksin Booster”. Kegiatan vaksinasi Covid-19 ini diselenggarakan guna memenuhi kebutuhan vaksin warga Indonesia menjelang musim mudik lebaran tahun ini. Sedianya kegiatan tersebut akan dilaksanakan serentak pada 21 April 2022 di kantor NU seluruh Indonesia.

Banyak pertanyaan muncul mengenai pelaksanaan vaksin saat berpuasa, umumnya pertanyaan senada, “Bagaimana hukumnya disuntik vaksin pada siang hari saat berpuasa ?” Untuk menjawab hal tersebut, ada beberapa rujukkan literasi yang bisa digunakan seperti dalam artikel yang berjudul “LBM PBNU Tetapkan Vaksinasi Covid-19 pada Siang Ramadhan Tak Batalkan Puasa ” atau “Vaksin Booster Saat Puasa, Batalkah?” Klik pada judul artikel untuk penjelasan selengkapnya.

Sukseskan 1 Juta Vaksin Booster | NU Online Jawa Barat

Untuk melengkapi, berikut ini rilis hasil keputusan rapat via zoom antara PWNU dan Kanwil Kementerian Agama yang diselenggarakan PBNU pada hari Ahad (17 April 2022):

  1. Pelaksanaan 1 Juta Booster vaksin akan dimulai pada hari Kamis (21 April 2022) dan akan berlangsung selama 4 hari. Vaksinasi akan dimulai pukul 10.00 WIB serentak di seluruh kantor NU, Kemenag maupun di kantor kepolisian setempat; juga bisa digelar di lembaga pendidikan maupun pesantren NU.
  2. Khusus pelaksanaan Vaksinasi di kantor PBNU, akan dihadiri langsung oleh Ketua Umum PBNU, Kapolri dan Menteri Agama. Juga akan dilakukan dialog interaktif antara Kapolri, Menteri Agama, dan Ketua Umum PBNU dengan daerah-daerah pelaksana vaksin. Hendaknya daerah juga menyiapkan perangkat yang mencukupi guna keperluan tersebut.
  3. Khusus peserta vaksin di kantor PBNU akan dikoordinasikan oleh Lembaga Kesehatan PBNU dengan penanggung jawab Ibu Alisa Wahid dan Ai Rahmayanti.
  4. Hasil pendataan sementara, diketahui jumlah peserta vaksinasi akan mencapai 1.130.000 yang berasal dari 30 PWNU se Indonesia. Jumlah ini akan bertambah karena masih menunggu koordinasi antara Kemenag, Polri dan keluarga besar NU di masing-masing tingkatan. Data ini akan terus diupdate dengan deadline akhir hari Selasa (19 April 2022).
  5. Provinsi dengan jumlah peserta terbanyak adalah Jawa Timur. Hasil rapat koordinasi internal Kanwil Kemenag dan PWNU Jatim malam ini (17 April 2022) diketahui jumlah peserta yang akan ikut vaksinasi sudah lebih dari 200.000 peserta.
  6. Pelaksanaan Vaksinasi akan dilakukan siang sampai malam menyesuaikan situasi dan kondisi di masing-masing daerah.
  7. Penyediaan vaksin oleh Polri hendaknya didistribusikan paling lambat satu hari sebelum pelaksanaan sudah sampai di daerah sasaran dengan jumlah vansin mencukupi sesuai data yang masuk. Vaksinator akan disiapkan oleh Polri dibantu TNI dan Pemda setempat.
  8. NU, Kemenag dan Polri di semua tingkatan berkolaborasi untuk mobilisasi peserta dengan strategi yang sesuai situasi masing-masing. Pemberian bingkisan atau doorprize adalah salah satu contoh yang mungkin bisa dilakukan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.