19.3 C
Bandung
Friday, May 27, 2022

Sebuah perkumpulan yang tak memiliki media, sama dengan perkumpulan buta tuli - KH Abdul Wahab Chasbullah

Must read

Hakim Hasan
Kang Hakim Hasan, aktivis Peace Leader Indonesia, LTN Kab Bogor dan Pergunu kota Depok. kesehariannya aktif ngajar ngaji Lekar di beberapa Surau Bogor-Depok, suka Travelling Ziarah mengumpulkan data Auliya nusantara dan Dunia, pernah riset ke makam Imam Ghazali (Thus), Imam Abu Hanifah (Irak) mencari jejak auliya dunia, bisa dinikmati hasil perjalanan nya di @liputansantrinusantara.

UI BERGEMURUH DENGAN DZIKRULGHOFILIN

Ada yang tidak biasa pada pagi hari Sabtu, 15 Februari 2020 di komplek UI Depok. Akhir pekan yang biasanya memang dimanfaatkan warga untuk berekreasi bersama keluarga di sekitar kampus UI, kali ini menjadi istimewa karena di Masjid UI dilangsungkan acara dzikir bersama.

DKM UI menggandeng PCNU Kota Depok menyelenggarakan kegiatan “UI Berdzikir” dalam acara tersebut. Acara ini diisi dengan pembacaan Dzikrulghofilin yang dipimpin oleh KH. Ahmad Bukhari.
Dzikrulghofilin sendiri adalah sebuah rangkaian bacaan kalimat thoyibah yang disusun oleh KH. Hamim Djazuli, KH. Abdul Hamid dan KH. Ahmad Shiddiq.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendoakan negara Indonesia agar senantiasa diberikan perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT. Selain itu juga memberikan alternatif kegiatan lain yang berfokus pada penataan hati khususnya bagi sivitas akademika kampus UI.

Acara tersebut dihadiri para pengurus PCNU Kota Depok di antaranya Katib Syuriah, JQH, LDNU dan Lazisnu, pengurus DKM UI, jamaah Dzikrulghofilin Depok serta warga sekitar.

Pada mauidzah hasanahnya, KH. Nasihun Syahroni selaku Katib Syuriah PCNU Kota Depok menjelaskan bahwa dzikir ini adalah makanan bagi hati. Ibarat fisik yang membutuhkan makanan, hatipun demikian. Dengan berdzikir maka hati akan menjadi tenang. Selain itu kegiatan ini menjadi penting, karena UI sebagai kampus terbesar perlu menyeimbangkan pemenuhan kebutuhan otak dan hati secara bersama-sama, lanjutnya.

Acara ini direncanakan menjadi agenda rutin tiap Sabtu pagi. Diharapkan kegiatan ini bisa dinikmati tidak hanya oleh sivitas akademika UI namun juga untuk masyarakat Depok pada umumnya.

(Muhammad Fakhrurrozi)

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article