26.7 C
Bandung
Selasa, Agustus 16, 2022

teras islam moderat online NU Jawa Barat

Must read

LTN NU Jabar
LTNNU Jawa Barat adalah salah satu lembaga di bawah naungan PWNU Jawa Barat yang membidangi publikasi, informasi dan komunikasi.

ADAKAN SILATURAHMI DAN HALAQOH ULAMA-UMARO SEKALIGUS DIALOG KEBANGSAAN, PCNU CIAMIS TOLAK FAHAM RADIKALISME DI KAB. CIAMIS

ADAKAN SILATURAHMI DAN HALAQOH ULAMA-UMARO SEKALIGUS DIALOG KEBANGSAAN, PCNU CIAMIS TOLAK FAHAM RADIKALISME DI KAB. CIAMIS | NU Jawa Barat

Ciamis, NU Ciamis Online.

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Ciamis Jawa Barat, menggelar Halaqoh dan Silaturahim ULAMA-UMARO Se-Kabupaten Ciamis, Sabtu 16 Juli 2022.

Acara tersebut dihadiri oleh Ulama dan Umaro Se-Kabupaten Ciamis yang diantaranya, Jajaran Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Ciamis, Pemda Kab.Ciamis, Ketua DPRD Kab.Ciamis, Kepala Kemenag Kab Ciamis, Kapolres Ciamis, Kodim 0613 Kab Ciamis, Penyuluh Agama Islam (PAI) Se-Kab. Ciamis, dan Sebanyak 200 Peserta, yang terdiri dari Kyai, Ajengan, Pimpinan Pondok Pesantren, Pemuda dan Pelajar.

Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Ciamis memimpin acara tersebut di Aula Kantor PCNU Kabupaten Ciamis, yang beralamatkan di Jl. Raya Ciamis No.24, Dewasari, Kec. Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46271.

Dalam sambutannya, KH. Areif Ismail Chowas ( Ketua PCNU Kab. Ciamis) , mengungkapkan diselenggarakannya acara ini bertujuan untuk membangun silaturahmi dan sinergitas Ulama dan Umaro sekaligus meneguhkan kembali komitmen kebangsaan dalam menjaga keutuhan NKRI Harga Mati.

“NU lahir dan dilahirkan sekaligus melahirkan bangsa dan negeri ini. Maka dengan Nahdlatul Ulama melahirkan bangsa Ini tentu saja ini adalah bagian dari ihtiat para Masyayikh dan para Ulama termasuk struktur Nahdlatul Ulama di awal sebelum kemerdekaan ini. Tentu saja tiada lain tiada bukan hanya untuk kemakmuran, kesejahteraan, keadilan, ketertiban, keamanan bagi umat semesta alam termasuk bangsannya. Maka ketika ada golongan yang ingin, yang mau memecah belah, merongrong, menghancurkan bangsa dan negara ini, maka sudah menjadi kewajiban Nahdlatul Ulama untuk berjihad mempertahankan keutuhan NKRI Harga Mati” ujarnya.

Masih dalam sambutannya, Ketua PCNU Kab.Ciamis pun mengajak dan menyampaikan pesan kepada peserta Dialog dan Pemateri bahwa kita sebagai generasi penerus yang diwarisi para pejuang terdahulu untuk bersama Melawan dan Menolak berbagai faham yang dapat merusak keutuhan bangsa ini yaitu adalah Faham Radikalisme, begitu pula dengan faham-faham yang tidak sesuai dengan cita-cita kemerdekaan dan pendirian bangsa ini khususnya di Kab. Ciamis dan umumnya di Negara Kita.

“Karena kita adalah bagian dari yang di warisi oleh para pendiri republik ini, para Masyayikh para ulama yang telah mendahului kita bahwa negara bangsa ini tentu harus terus berlanjut, harus terus memberikan kemaslahatan bagi rakyatnya, maka dari itu dengan kondisi dan situasi tantangan kebangsaan, kenegaraan pada saat ini kita bisa menyaksikan kita bisa memaklumi bersama apa yang menjadi tantangan besar bagi semua lapisan warga bangsa termasuk. Aparatur Pemerintah dari mulai pusat sampai ke daerah, tantangan pertama tentu saja pemahaman yang sifatnya tentu tidak toleran, extrimis, radikalis apalagi fundamentalis sebagai gerakan-gerakan yang menumbuhkan benih-benih teroris di negara kita tercinta ini. Bagaimanapun terus berkembang dan terus berkembang dan ini tidak bisa di biarkan terus seperti itu sudah menjadi kewajiban tugas dan tanggung jawab kita semua sabagai Ulama dan Umaro untuk menjaga dan merawat Keberlangsungan Bangsa Ini ,” katanya.

Pada kegiatan ini Ky. Tatang Nawawi (Ketua Pelaksana) mengangkat Tema Memperteguh Ke-NU-an dan Kebangsaan Dalam Bingkai NKRI.

“Tema yang di angkat pada acara ini adalah sebagai bentuk mengingatkan dan menguatkan kembali bahwa bangsa dan negara ini bersatu dan berdiri atas dasar persatuan dan jasa para pendahulu khususnya para Ulama, kemudian menjadi hal yang pasti dan langkah yang konkrit untuk kemudian di masa ini Ulama dan Umaro harus satu persepsi dan satu pandangan dalam menyikapi gerakan-gerakan yang dapat mengganggu keutuhan dan persatuan bangsa ini” Ungkapnya.

Acara yang berlangsung mulai pukul 10. 00 WIB itu berlangsung gayeng, hidmat dan penuh semangat, kemudian dilanjutkan dengan Dialog Kebangsaan yang di Moderatori oleh Dr. Sumadi, (Ketua Lakpesdam NU Ciamis) yang adapun Narasumbernya adalah Letkol Inf Wahyu Alfiyan (Dandim 0613), AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro (Kapolres Ciamis), Perwakilan dari Pemda Ciamis yang diwakili oleh Ihsan Rasyad (Kabag Kesra), Nanang Permana (Ketua DPRD Kab. Ciamis), H. Lukman Hakim (Kepala Kemenag Kab. Ciamis). Membahas tentang tema yang diangkat yaitu Isu Radikalisme di Kab.Ciamis, Moderasi Beragama, Disintegrasi Bangsa dan Pentingnya Memperkuat Ukhuwah Wathoniyyah.

Pada penghujung acara PCNU Kab. Ciamis menyampaikan terima kasih kepada semua kalangan dan jajaran Forkompinda yang turut hadir, mensukseskan dan mengisi materi Dialog Kebangsaan pada kegiatan tersebut.

“Kami Ucapakan terimakasih banyak kepada semua pihak atas Kebersamaan dan kerjasama, semoga menjadi amal Sholeh dan washilah Kebarokah Bagi Kita Semua. Aamiin” Pungkasnya.

Pewarta : Rahmat Hidayat Al-Bisriyyah

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest article