Al-Ahmar, Masjid Bersejarah Warga Palestina yang Diubah Israel Menjadi Bar

56

Jakarta, NU Online
Masjid Al-Ahmar terletak di distrik Safed, wilayah Palestina yang diduduki Israel. Ia merupakan masjid bersejarah bagi warga Palestina karena dibangun pada abad ke-13 dan memiliki model arsitektur yang langka. Lebih dari itu, Masjid Al-Ahmar disebut-sebut sebagai salah satu masjid paling bersejarah di Timur Tengah. Namun pada April 2019 lalu, Israel mengubah status fungsi Masjid Al-Ahmar menjadi bar. 

Masjid Al-Ahmar memiliki sejarah yang panjang. Berdasarkan keterangan sejarawan dan warga lokal Safed, Mustafa Abbas, Masjid Al-Ahmar didirikan oleh Mameluke Sultan Al Daher Baibars pada 1223-1277. Dan masjid ini dinamakan Masjid Al-Ahmar (merah) karena memang menggunakan batu bata merah sebagai bahan bangunannya.

Dalam sejarahnya, Masjid Al-Ahmar mengalami beberapa kali perubahan terkait status fungsinya. Menurut Abbas, Masjid Al-Ahmar digunakan untuk beberapa acara kecuali sebagai tempat shalat bagi umat Islam. Umat Islam akan menghadapi serangan dari Yahudi jika mereka nekat mengunjungi masjid tersebut.

1
2
3
SOURCENU Obline
Previous articleKKM Kelompok – 1 STIDKI NU Indramayu Kuatkan Idiologi Melalui Jam’iyah
Next articlePerang Simetris Berhadiah Hagia Sophia
LTNNU Jawa Barat adalah salah satu lembaga di bawah naungan PWNU Jawa Barat yang membidangi publikasi, informasi dan komunikasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here