Al-Ahmar, Masjid Bersejarah Warga Palestina yang Diubah Israel Menjadi Bar

24
Al-Ahmar, Masjid Bersejarah Warga Palestina yang Diubah Israel Menjadi Bar

Jakarta, NU Online
Masjid Al-Ahmar terletak di distrik Safed, wilayah Palestina yang diduduki Israel. Ia merupakan masjid bersejarah bagi warga Palestina karena dibangun pada abad ke-13 dan memiliki model arsitektur yang langka. Lebih dari itu, Masjid Al-Ahmar disebut-sebut sebagai salah satu masjid paling bersejarah di Timur Tengah. Namun pada April 2019 lalu, Israel mengubah status fungsi Masjid Al-Ahmar menjadi bar. 

Masjid Al-Ahmar memiliki sejarah yang panjang. Berdasarkan keterangan sejarawan dan warga lokal Safed, Mustafa Abbas, Masjid Al-Ahmar didirikan oleh Mameluke Sultan Al Daher Baibars pada 1223-1277. Dan masjid ini dinamakan Masjid Al-Ahmar (merah) karena memang menggunakan batu bata merah sebagai bahan bangunannya.

Dalam sejarahnya, Masjid Al-Ahmar mengalami beberapa kali perubahan terkait status fungsinya. Menurut Abbas, Masjid Al-Ahmar digunakan untuk beberapa acara kecuali sebagai tempat shalat bagi umat Islam. Umat Islam akan menghadapi serangan dari Yahudi jika mereka nekat mengunjungi masjid tersebut.

Iklan Layanan Masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here