Belajar dari Sejarah Penjatuhan Gus Dur

19
Belajar dari Sejarah Penjatuhan Gus Dur

Buku berjudul Menjerat Gus Dur membuka tabir tentang proses penjatuhan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dari kursi presiden pada tahun 2001 oleh sekelompok aktor politik ambisius yang ingin berkuasa dengan segala cara. Buku ini penting untuk meluruskan sejarah bahwa Gus Dur sengaja dijatuhkan, bukan karena beliau tidak kompeten dalam menjalankan perannya sebagai presiden. Terdapat upaya-upaya yang sistematis mulai dari mengganggu kerja-kerja pemerintah, membuat situasi keamanan tidak stabil, menggerakkan demonstrasi, hingga menyebarkan opini publik di media dengan pesan yang negatif tentang Gus Dur. Semuanya dilakukan untuk meruntuhkan legitimasinya sebagai presiden.

Terdapat dua motif yang dilakukan, yaitu untuk mengembalikan pundi-pundi kekayaan yang mereka nikmati selama kekuasaan Orde Baru, tetapi kemudian terlepas setelah reformasi; dan ini hanya dapat dilakukan jika mereka kembali memegang tampuk kekuasaan. Para aktor ini menggunakan pengalamannya melengserkan Soeharto dari kekuasaannya untuk menjatuhkan Gus Dur.

Gus Dur akhirnya harus turun dari kekuasaannya, tetapi tidak semua agenda mereka berhasil. Kini para pelaku sudah turun dari panggung kekuasaannya. Tinggal beberapa orang, sekalipun sudah berusia senja, tetap memiliki ambisi politik tinggi dengan terlibat dalam kontestasi pilpres, yang itu pun mengalami kegagalan. Pengaruh yang mereka miliki pun sudah hilang. Namun sejarah kini mencatat mereka dengan daftar hitam sebagai orang-orang ambisius yang ingin merebut kekuasaan dengan menghalalkan segala cara untuk kepentingan pribadi atau kelompoknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here