Bolehkah Mengucapkan Salam kepada Non Muslim ?

31

Siang tadi (11/11), saya diwawancarai Radar Bandung dengan pertanyaan seputar fatwa MUI Jatim perihal larangan mengucapkan salam agama lain. Waktu itu, saya benar-benar belum membaca isi fatwa tersebut, yang sebenarnya berupa taushiyah.

Saat ditanya reporter, pikiran saya langsung terkoneksi terhadap hadis dalam Shahih Muslim yang redaksinya :

“لاَ تَبْدَؤُوا الْيَهُودَ وَلاَ النَّصَارَى بِالسَّلاَمِ، فَإِذَا لَقِيتُمْ أَحَدَهُمْ فِي طَرِيقٍ، فَاضْطَرُّوهُ إِلَى أَضْيَقِهِ”

Tidak boleh memulai salam kepada Yahudi & Nasrani, jika bertemu di jalan maka pepetlah (persempit jalannya) ia.

Jika memang yang menjadi alasan larangan itu adalah hadis tersebut, maka argumennya masih lemah karena beberapa alasan sebagai berikut :

Pertama karena hadis tersebut meskipun sahih, bertentangan dengan hadis lain yang lebih kuat, yang menyuruh menyebarkan salam kepada siapa pun. Dan Nabi SAW senantiasa mengucapakan salam kepada siapapun yang ditemuinya.

Kedua, midar al-sanad (common link / perawi utama) hadis tersebut adalah Suhayl sendirian (tafarrud) yang di masa tuanya banyak kehilangan hapalan.

Ketiga, asbab wurud hadis tersebut adalah ketika Nabi bersama sahabat hendak keluar dari kepungan Yahudi Bani Quraidlah, berarti khusus pada masa perang.

Keempat, Banyak sahabat Nabi yang jelas mengucapkan salam kepada non muslim, seperti Ibn Mas`ud, Abu Umamah, Fudlalah bin `Ubayd, Abu Darda, Ibn `Abbas, dll, kemudian para tabi`in, seperti al-Nakha`iy, Ibn `Uyaynah, al-Awzaiy, dll.

Lepas dari itu, memang terdapat khilafiyah perihal hukum mengucapkan salam kepada non muslim, meski yang lebih dominan adalah yang membolehkan, terutama di saat hal tersebut sangat dibutuhkan, seperti halnya saat ini di Indonesia yang benar-benar sedang membutuhkan kebersamaan dari semua pihak untuk menjaga keutuhan NKRI.

(Disarikan dari makalah Prof. Dr. Hakim al-Mathiri, ahli hadis Kuwait, dan buku karya Syaikh Qadli Iyadl, Ikmal al-Mu`lim Syarh Shahih Muslim, VII/47)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here