Delegasi Muhammadiyah Kunjungi Muslim Uighur di Xinjiang

130
Delegasi Muhammadiyah Kunjungi Muslim Uighur di Xinjiang

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Pusat Muhammadiyah diundang pemerintah Republik Rakyat Tiongkok untuk melihat kondisi Muslim Uighur di Urumqi, Ibu Kota Provinsi Xinjiang, Tiongkok. PP Muhammadiyah menjadi bagian dari delegasi yang diundang pemerintah RRT bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Nahdlatul Ulama.

Keadaan umat muslim Uighur menjadi sorotan masyarakat internasional hingga memancing berbagai aksi massa di tanah air. PP Muhammadiyah pun telah mengeluarkan Pernyataan Sikap terkait Kekerasan di Uighur, bahkan Duta Besar China untuk Indonesia mengadakan konferensi pers di Gedung PP Muhammadiyah terkait hal tersebut.

Sekretaris PP Muhammadiyah Agung Danarto mengungkapkan PP Muhammadiyah mengusulkan China membuka akses ke Uighur. “Disamping inikan juga usulan PP Muhammadiyah, jadi setelah kunjungan ke Tiongkok kemudian mereka datang ke kantor PP Muhammadiyah, untuk membuka akses, dan kita diundang untuk datang kesana dan menyaksikan langsung,” kata Agung di Grha Suara Muhammadiyah, Senin (4/3).

Iklan Layanan Masyarakat

Selain Agung Danarto, Delegasi dari Muhammadiyah yaitu Ketua Majelis Hukum dan HAM PP Muhammadiyah Trisno Raharjo, Lembaga Hubungan Luar Negeri Sudibyo Markus, Ketua Lembaga Dakwah Khusus PP Muhammadiyah M Ziyad. Selain itu turut bertandang pula Syafiq A Mughni, Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban (UKP-DKAAP).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here