Hardiknas, Potret KBM yang Menantang dan Berbiaya di Tengah Pandemi

30
Hardiknas, Potret KBM yang Menantang dan Berbiaya di Tengah Pandemi

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya kegiatan peringatan Hardiknas diwarnai dengan kemeriahan upacara di setiap unit kelembagaan pemerintah pusat hingga daerah, kini kegiatan-kegiatan tersebut dilarang karena pandemi virus corona.

Kemendikbud melalui surat Nomor: 42518/MPK.A/TU/2020, tertanggal 29 April 2020 yang ditandatangani oleh Mendikbud Nadiem Anwar Makarim mengeluarkan himbauan untuk tidak mengadakan peringatan Hardiknas. Hal tersebut disampaikan kepada setiap satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan, kantor instansi pusat dan daerah, serta perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.

Kegiatan upacara diganti dengan uapacara virtual. Diketahui, Kemendikbud melalui rilis resmi (30/4/2020) mengumumkan tema Hardiknas 2020 yakni “Belajar dari Covid-19”. Artinya, dunia pendidikan dituntut mengambil pelajaran dari kejadian ini. Guru dan murid tidak hanya dituntut untuk hidup bersih. Namun mereka juga harus adaptasi dengan perubahan pola belajar-mengajar. Belum lagi persoalan faktor pendukung lain seperti teknologi.

Iklan Layanan Masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here