Irak Tangkap Mufti ISIS yang Perintahkan Penghancuran Makam Nabi Yunus

109
Irak Tangkap Mufti ISIS yang Perintahkan Penghancuran Makam Nabi Yunus
Mufti ISIS yang pernah mengeluarkan fatwa penghancuran makam Nabi Yunus di Mosul dan situs budaya lainnya di sana. (Foto: Twitter @Imamofpeace)

Baghdad, NU Online
Polisi Irak berhasil menangkap seorang mufti kelompok ISIS, Shifa al-Nima, di Distrik Mosul, Provinsi Nineveh, Irak, pada hari Kamis lalu. Dalam foto-foto yang beredar di media lokal dan media sosial, Shifa terlihat dibawa dengan menggunakan truk pikap karena berat badannya yang berlebih, mencapai 136 kilogram.  

Tidak jelas bagaimana dia dipindahkan dari tempat persembunyiannya. Namun karena tubuhnya yang begitu gemuk, warganet mengejeknya bahwa dia dia bersembunyi di toko roti sebelum akhirnya ditangkap kepolisian Irak.

Dilansir laman Jerusalem Post, Sabtu (18/1), Shifa pernah mengeluarkan fatwa penghancuran makam Nabi Yunus di Mosul dan situs budaya lainnya di sana. Warga Mosul menceritakan, mereka memiliki kenangan burung dengan sang mufti ISIS tersebut. Karena, Shifa selalu menyerukan agar situs budaya mereka dihancurkan.

Shifa dikenal sebagai seorang yang suka menghasut dan menyebarkan ekstremisme atas nama ISIS. Dia juga disebut sebagai salah satu pimpinan ISIS yang mengeluarkan fatwa yang berujung pada pembunuhan ulama dan orang terpelajar lainnya. 

Lebih dari itu, di akun Twitternya Imam of Peace menyebut bahwa Shifa memerintahkan pengikutnya untuk melakukan eksekusi, perbudakan, perkosaan, dan penculikan kepada siapa saja, baik terhadap Muslim atau pun non-Muslim, yang menentang mereka. 

Shifa dikenal memiliki banyak nama. Di antaranya Shia Naemah, Shifa bin Ali al-Nima, dan Abu Abdul Bari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here