Karena Kalah Semua Jadi Salah

16

Generasi kalah, maka semuanya jadi salah. Perkara mubah jadi haram. Masalah muamalah jadi aqidah. Beda fiqh jadi dikafirkan. Ribut perkara siyasah, padahal ujungnya cuma jadi siasat. Sudah miskin tradisi dan rendah literasi, tambah lagi mental orang kalah dalam hal budaya, ekonomi dan politik.

Cadar yang menutup tubuhmu itu gak seberapa. Yang parah itu kalau sampai menutupi dirimu dari pandangan dan perspektif yang berbeda seolah dirimu lebih baik dan lebih benar, dan selain dirimu dan kelompokmu keliru.

Jidat hitam itu gak perlu dipersoalkan. Yang gawat itu kalau pikiran dan hatimu hitam melihat prilaku keagamaan saudaramu yang berbeda dan kau tuding bid’ah-gak nyunnah, atau kafir-sesat.

Celana cingkrangmu gak masalah. Yang masalah itu kalau kau menganggap ukuran celana itu sebagai kriteria masuk surga atau neraka, padahal kesombongam dirimu itu yang menutup pintu surga.

Alunan musik kau haramkan, padahal suara piring kosong dan isak tangis kelaparan tetanggamu tak kau hiraukan.

Khilafah masa lalu kau anggap solusi. Padahal generasi lalu yang lebih shalih dari dirimu saja banyak melanggar syariat demi kekuasaan, sementara kamu membedakan khalifah dengan khilafah saja gak bisa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here