Kondisi Lombok Pascagempa Kamis Siang

3

Jakarta, NU Online
Belum pulih akibat dua gempa sebelumnya, yakni pada Ahad (29/7) dan Ahad (5/8), Lombok kembali diguncang gempa dengan kekuatan 6,2 skala richter pada Kamis (9/8) pukul 14.30 WITA selain beberapa guncangan yang relatif lebih kecil lainnya.

Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PW IPNU) Nusa Tenggara Barat Muhammad Yakub mengatakan bahwa saat ini mengalami krisis logistik. “Stok makanan tidak bisa bertahan lama, satu jam habis,” katanya kepada NU Online pada Kamis (9/8).

Di samping itu, Yakub juga menuturkan berdasarkan pantauannya di Kabupaten Lombok Utara, masyarakat masih membutuhkan tim medis dan obat-obatan. “Kami butuh penanganan yang cepat,” ujarnya.

Air yang menjadi kebutuhan utama juga harus mereka peroleh dengan iuran bersama. Pasalnya, kata Yakub, masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih.

Yang tak kalah penting, menurutnya, adalah kesehatan mental warga di sana. Ia meminta agar pemerintah atau lembaga manapun untuk menghadirkan psikolog guna memulihkan kejiwaan masyarakat.
Meskipun demikian, pos NU yang sudah didirikan oleh keluarga besar NU sampai saat ini masih terus berjalan. “NU tetap berjalan. LAZISNU NTB juga selalu beraktifitas,” imbuh pria yang juga aktif di Barisan Ansor Serbaguna. (Syakir NF/Muiz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here