Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) Kecamatan Parigi Mati, Rawan Kecelakaan dan Tindak Kriminal

37

Pangandaran – Para pengendara yang akan melintasi disekitar Kecamatan Parigi, diimbau agar berhati-hati. Pasalnya, dibeberapa titik lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) mati total dan hanya jadi hiasan tiang listrik di lokasi sudah lama tak kunjung di perbaiki.

Ada beberapa titik kondisi PJU mati total dan titik ini sering terjadinya kecelakaan dan tindakan kriminal.
Jalan Raya Cijulang dari arah Cibenda-Parigi , di Bunderan jalan raya Cijulang menuju ke arah SMA 1 Parigi, Perematan Jalan Raya Parigi- Cigugur (Apotek) dan Jalan raya Pangleseran Blok Kadu Dua, Dusun Sidahurip, Desa Cintakarya, itulah beberapa titik lampu PJU mati total, belum diketahui penyebab matinya lampu PJU.

Dari penelusuran Ketua MASAGI (Mahasiswa Parigi) , padamnya lampu PJU telah berlangsung sejak Lama. Namun hingga kini, belum ada upaya perbaikan yang dilakukan dinas terkait agar lampu PJU kembali normal menerangi jalan.

Iklan Layanan Masyarakat

Sudah ada beberapa kejadian kecelakaan dititik matinya lampu PJU, contohnya kemarin hari Rabu (23/6/2021) salah seorang warga kecamatan Parigi, Putri Syilviana, menjadi korban penjambretan. ” Kalau dibiarkan seperti ini, kecelakaan dan tindak kriminal akan terus terjadi, kalau kita melihat dari Peraturan Daerah Kabupaten Pangandaran Nomor 18 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Penerangan Jalan Umum BAB IV Pasal 8 ayat (2), disebutkan bahwa terhadap setiap kasus gangguan penerangan jalan selambat-lambatnya 1×24 jam penerangan jalan harus berfungsi kembali. Tetapi dalam realitanya tidak sesuai dengan apa yang tertera dalam PERDA,” jelas Ketua MASAGI , Tian Kadarisman.

Tian Kadarisman

Lampu PJU hanya sebagai hiasan disiang hari semua tiang yang berdiri di ruas jalan itu tanpa adanya pengecekan atau perawatan dari pemerintah, padahal penerangan lampu jalan itu sangat penting bagi pengguna jalan sepeda motor dan mobil untuk menghindari dari kecelakaan atau pembegalan dan kriminal. Sebelum terjadinya korban lagi, dinas terkait agar segera melakukan perbaikannya lampu PJU demi keselamatan masyarakat dan pengendara yang melintas,” ucap Tian.

Previous article[SALAH] Resep Obat Untuk Pasien Covid-19
Next articleMenjadi Orang Sukses itu Prosesnya Lama, Perjuangannya Berat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here