Mahasiswa PTNU Se-Jabar Tolak Doktrin Khilafah di Tanah Sunda

52

“Lalu apa sebab khilafah jadi ramai akhir-akhir ini’? tanya Ust. Ayik, “karena ada kelompok-kelompok yang berambisi menjadikan pemimpin mereka menjadi khalifah (kepala negara). Al-Qaeda mau Amir mereka menjadi khalifah, HTI ingin Amir mereka menjadi khalifah, demikian juga dengan ISIS. Ambisi-ambisi politik kelompok-kelompok pejuang khilafah ini makin menegaskan bahwa khilafah bukan soal system melainkan masalah person”

Ust. Ayik melanjutkan bahwa isu khilafah sebagai sebuah sistem hanya modus kelompok radikal untuk menutupi ambisi politik mereka. Dalam demokrasi semua kelompok boleh-boleh saja bercita-cita meraih pucuk kekuasaan tertinggi asal mengikuti aturan main. Permasalahannya kelompok-kelompok radikal mau mendapat kursi kekuasaan dengan cara-cara inkonstitusional. Misalnya Al-Qaeda dan ISIS dengan metode kekerasan bersenjata yang mereka sebut dengan jihad, sedangkan HTI melalui jalan kudeta yang mereka sebut dengan thalabun nushrah.

FGD yang diadakan LPTNU Jawa Barat kemarin siang Selasa (8/10/2019) di hotel Fox Bandung berjalan dengan serius tapi santai. Diskusi makin seru saat Ust. Ayik menerangkan tentang Pancasila. “Pancasila itu ajaran Islam. Kelima sila pada Pancasila pencerminan dari maqashid al-syariah yang merupakan tujuan akhir dari penerapan syariat Islam secara kaffah. Islam dan Pancasila serasi dan selaras. Seorang muslim yang baik bisa menjadi seorang pancasilais sejati. Islam yang pancasilais dan pancasilais yang islamis.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here