The news is by your side.

PD DMI dan Geliat Persiapan Bangkitnya Perekonomian Masjid

PD DMI dan Geliat Persiapan Bangkitnya Perekonomian Masjid | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa BaratSabtu, 28 Januari 2023, bertempat di kantor sekretariat DMI, di komplek Gedung Ormas Soreang, berkumpul para pengurus DMI, yang membidangi masalah perekonomian, dan perkoperasian, untuk membicarakan kerjasama dengan beberapa pengusaha dibawah naungan Lumbung Indonesia, yang berkeinginan menjalin kerjasama dengan PD DMI.

Hadir pada pertemuan ini, para pengurus PD DMI, yang di pimpin oleh KH. Gus Ali Fadhil, dan para ketua bidang dari PD DMI, serta dari tim lembaga yayasan Perekonomian dan koperasi, Lumbung Indonesia, yang di pimpin oleh Liena Mulyadi, di dampingi beberapa pengurus Lumbung Indonesia lainnya.

Lumbung Indonesia sendiri, merupakan sekumpulan aktivis sosial yang awalnya bergerak di ranah pemberdayaan UKM di kota Bandung, yang mendapat support dari almarhum mantan Walikota Bandung, H. Oded Mohamad Danial, S.A.P. atau Mang Oded.

Dari dukungan inilah akhirnya terlahir Lumbung Indonesia, yang menjadi suatu wadah solusi, bagi umat, sehingga pergerakan lumbung Indonesia bisa bergerak menghimpun para pedagang kaki lima, dan merangkul semua UKM yang akhirnya terlembagakan, hingga terus bergerak dalam membantu perekonomian masyarakat dalam sekup yang lebih luas, yang di bantu juga atas support dan prakarsa Menteri ekonomi, Bahlil Lahadalia, menteri investasi/kepala BKPM.

Kini Lumbung Indonesia hadir dengan membuka lumbung Indonesia di tiap kabupaten kota, dengan berbagai program membangun pemberdayaan UKM, dan di Kabupaten Bandung saat ini, Lumbung Indonesia bersama PD DMI, akan membuka dapur BEDAS.

Yang di maksudkan menghimpun UKM-UKM yang ada di wilayah kabupaten Bandung, yang nantinya bisa memfasilitasi berbagai pasokan konsumsi, untuk memasok kebutuhan bagi pegawai Pemda di kabupaten Bandung, dalam agenda, “Makan Siang di Kantor.” Bersama Bupati Kabupaten Bandung.

Beberapa kerjasama akan di bangun antara PD DMI dengan Lumbung Indonesia, khususnya dalam pemberdayaan Masjid-masjid di wilayah Kabupaten Bandung, yang ada dalam naungan PD DMI.

Sehingga dengan di bukanya program kerja sama ini, maka akan bisa memanfaatkan celah ekonomi yang di tawarkan Lumbung Indonesia, yang nantinya bisa menjadi roda perputaran ekonomi masjid-masjid yang siap membangun kemitraan bersama Lumbung Indonesia ini.

Adapun celah kerjasama itu meliputi, peluang usaha dagang yang bisa dilakukan para marbot Masjid, dengan melakukan penjualan produk makanan Dim Sum, Siomay, Pempe, Cilok, yang produknya siap di pasok, dan tentunya akan menghasilkan keuntungan dalam penjualannya. Hal ini di maksud membantu masyarakat luas, dalam pemberdayaan umat, sambil membangun jaringan distribusi, dengan ke agenan yang sudah siap jual, dan produk tersebut, memiliki ketahan bisa sampai 6 bulan lamanya.

Dan peluang lainnya adalah membuka peluang Umroh haji bersama yayasan Syekh Ali Jaber, membuka kerjasama dengan JNE lewat Lumbung Indonesia, yang bisa di jalankan PD DMI, dengan memfasilitasi membuka ke agenan JNE, untuk setiap masjid yang ada di tiap daerah, dengan kata lain, berusaha memiliki usaha logistik tampa memerlukan modal.

Kerjasama bantuan permodalan untuk UMKM yang memerlukan permodalan, bisa di bantu oleh sebuah yayasan yang sudah siap bekerjasama mengucurkan bantuannya. Kerjasama pendistribusian bahan sembako oleh PD DMI, yang di fasilitasi lewat LOJI, sebuah anak usaha perusahaan dari PT. Telkom yang bergerak di bidang pendistribusian sembako dan produk lainnya.

Kemudian di bidang kesehatan, PD DMI pun lewat Lumbung Indonesia, akan bekerjasama dalam memasarkan produk suplemen kesehatan, yang di perlukan untuk menjaga kebugaran tubuh, dan kesehatannya.

Bangkitnya perekonomian setiap masjid, sudah terasa bunga-bunganya, Gus Ali Fadhil sebagai ketua PD DMI telah menyelesaikan tugasnya dalam membentuk PC DMI, dan ranting DMI di seluruh wilayah kabupaten Bandung.

Dan kedepan, kesolidan dalam memajukan Masjid di kabupaten Bandung, adalah tugas bersama, seperti halnya Lumbung Indonesia yang melihat adanya peluang dalam pemberdayaan Masjid-masjid untuk lebih maju lagi.

Pewarta
Bambang Melga Suprayogi M.Sn

Leave A Reply

Your email address will not be published.