Pembekalan Pengurus PC IPPNU Pangandaran : “Kolaborasi Menuju Aksi”

37
Pembekalan Pengurus PC IPPNU Pangandaran : "Kolaborasi Menuju Aksi"

Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Kabupaten Pangandaran. Menggelar sarasehan bersama Majelis Alumni IPPNU Kabupaten Pangandaran, dalam rangka kegiatan Upgrading dan Rakercab bertempat di Pondok Pesantren Mathla’ul Ulum Jayasari Dusun Sindangsari Desa Jayasari Kecamatan Langkaplancar yang diikuti oleh seluruh Pengurus IPPNU Pangandaran yang dilaksanakan Pada hari Sabtu-Ahad (21-22/11).

Ai Mudrikah, ” Upgrading dan Rakercab ini sengaja di gelar meskipun sudah setengah masa khidmat perjalanan, dengan bertujuan untuk kembali membangkitkan dan menjalin emosional diantara pengurus. Dengan ini, maka Upgrading bertujuan untuk mengUpgrade semangat, motivasi, optimisme juga tanggung jawab sebagai pengurus. Juga Rakercab bertujuan untuk memfokuskan kegiatan kepengurusan dalam masa satu tahun mendatang dengan program-program unggulan” Ketua PC IPPNU Pangandaran dalam sambutan Pembukaan Upgrading dan Rakercab.

Kegiatan yang berlangsung di Pesantren Mathlaul Ulum ini, memang berlangsung ditengah-tengah kepengurusan sejak Konferensi Cabang IPNU IPPNU November lalu.
tertundanya upgrading dan rakercab ini diakibatkan oleh pandemi covid-19 sehingga terundur jauh yang rencana kegiatan ini akan berlangsung di bulan April, meskipun demikian program kerja yang disusun via virtual berjalan sesuai dengan target. Diantaranya kegiatan besar yang sudah dilaksanakan adalah Launching MP3 (Majelis Pengajian Pelajar Pangandaran) di bulan September lalu.

Iklan Layanan Masyarakat

“Diantara program kerja yang disusun oleh Departemen Budaya dan Olahraga yang akan menggelar PODASI yaitu Pekan Olahraga Dan Seni, yang InshaAllah akan diikut sertakan oleh seluruh Pelajar MA, SMA dan SMK. Sekaligus mensosialisasikan IPPNU di Kabupaten Pangandaran”. Pungkasnya.

Kegiatan Upgrading ini sebagai salah satu ajang Peningkatan mutu Pengetahuan dan ilmu berorganisasi bagi pengurus.
dalam kegiatan ini, ada beberapa materi yang disampaikan secara gamblang dari tiga Narasumber.
Ani Ramayanti, S.Pd., Sebagai Bendahara PW IPPNU Jawa Barat 2016-2019, membahas tentang Membedah Mekanisme Politik Anggaran. Secara tidak langsung, materi ini disampaikan agar rekanita pengurus cabang mengerti dan paham dalam mekanisme anggaran dan sumber dana. “Membahas tentang anggaran memang perlu, tetapi kita sebagai pengurus tidak melulu berkegantungan terhadap anggaran pemerintah. Jadilah organisasi yang mandiri, yang mampu memberikan kontribusi baru dalam pengagendaan kegiatan”.

Strategi Mencetak Kader Militan Melalui Metode Pengkaderan IPPNU yang dibahas oleh Siti Mardiyah Wakil Ketua Departemen 7 PW IPPNU Jawa Barat, tentang bagaimana melahirkan kader-kader yang tidak hanya di cetak saja, tetapi digali potensi juga dedikasinya sehingga bisa menjadi kader IPPNU yang Militan. Dengan ini ia berkata “Mencetak kader adalah hal yang sangat mudah, tetapi yang sangat sulit ditemukan adalah merawat kader yang sudah ada”.

Fitri Auliya Lukman, ” Organisasi akan tetap seperti itu-itu saja, jika tidak ada pengadministrasian didalam internal sebuah organisasi. Yang paling krusial adalah pengadministrasian kader yang sudah dicetak menjadi kader IPPNU. Maka dari itu, ketika sebuah organisasi ingin maju dan berkembang harus ada data base kader, bertujuan untuk merawat dan memelihara sehingga suatu saat bisa diberdayakan kembali demi kemajuan sebuah organisasi” katanya dalam materi Strategi Pengembangan Organisasi Prsepektif Administrasi, yang sekarang mengemban amanah sebagai Anggota Departemen Pengembangan komisariat dan Pesantren PW IPPNU Jawa Barat.

Usai Upgrading, Pengurus Cabang Kabupaten Pangandaran masa khidmat 2019-2021 mengadakan Rapat Kerja Cabang (Rakercab).

Dalam Rakercab yang merupakan forum musyawarah tertinggi tingkat Kabupaten, Konferensi Cabang November 2019 lalu, dibagi menjadi Lima Departemen. Diantaranya ¹Departemen Pengembangan Organisasi dan komisariat ² Departemen Pendidikan,Pengkaderan dan Pengembangan SDM ³ Departemen Budaya dan Olahraga
4 Departemen Hubungan Pesantren dan Sosial Kemasyarakatan 5 Departemen Jaringan Komunikasi dan Informasi.

Seharusnya, dengan banyaknya departemen di kepenguran PC IPPNU Pangandaran bisa membawa nama IPPNU menjadi lebih maju dan berkembang dan tetap dalam jalan memperjuangkan cita-cita NU. Aamiin…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here