The news is by your side.

Peningkatan Kualitas Kompetensi SDM Masjid

Peningkatan Kualitas Kompetensi SDM Masjid | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa Barat

Izet Abu Dzar – Kanwil kementerian agama provinsi jawa barat dalam upaya meningkatkan kualitas SDM pengelola Masjid wilayah jawa barat mengadakan bimbingan kepada perwakilan BKM Kab/ Kota, Imam masjid besar/agung, Takmir Masjid, BKM Provinsi, LTM NU, DMI Jabar, Prima DMI Jabar dan LTN NU Jawa Barat. Acara ini bertempat di The La Oma Cafe & Hotel-Lembang yang beralamat di Jalan Jeruk no. 62 Kecamatan Lembang Kab. Bandung Barat pada tanggal 13-14 Mei 2024.

Acara di buka oleh Kabag TU Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat Drs. H. Muhammad Ali Abdul Latief. M.Ag. (yang mewakili Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jabar). Dalam arahannya Kasubag TU Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat menyampaikan 3 point penting. yang pertama pemetaan masjid, karena dengan pemetaan akan dapat menentukan jenis pelayanan kepada jama’ah. Pemetaan dilakukan dengan cara mendata jama’ah di tiap masjid baik tingkat RT, RW hingga Masjid Provinsi. Ruang lingkup pemetaan diantaranya; sosial, budaya, ekonomi, pendidikan, dan kesehatan. Kedua, setelah pemetaan dilaksanakan maka akan dapat direncanakan pelayanan kepada jama’ah, dari segi sosial, budaya, ekonomi, pendidikan, dan kesehatan. ketiga, pemberdayaan, terlaksananya pemberdayaan dimulai dengan menerapkan manajemen masjid. Untuk menerapkan manajemen masjid maka perlu disiapkan terlebih dahulu SDM masjid yang siap berdedikasi untuk masjid. Selanjutnya setelah tersedianya SDM Masjid, maka disampaikan kompetensi yang harus dimiliki agar manajemen masjid bisa dilaksanakan dengan baik.

Acara ini dihadiri pula oleh Kabid URAIS (Urusan Agama Islam) Dr.H.Ohan Burhan, M.Pd.I., Tim dan Panitia pelaksana serta Pegawai URAIS, dan juga Humas Kanwil Kemenag Provinsi Jabar dan sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan adalah H. Imam Mutawakkil, S.Ag., M.Si

H. Imam Mutawakkil, S.Ag., M.Si menyampaikan kegiatan ini mengambil tema “SDM Masjid Profesional, masjid berdaya untuk umat”. Tema tersebut diambil dari potret bahwa masjid-masjid pada umumnya belum dikelola secara profesional, yang mengakibatkan konflik, minim jamaah dan lain-lain. Oleh karena itu, upaya peningkatan kompetensi SDM masjid atau para takmir masjid menjadi upaya penting dalam kegiatan ini. Diharapkan pula dapat bertambahnya wawasan para peserta dalam mengelola masjid yang profesional dan amanah. Kolaborasi yang baik diantara semua elemen kemasjidan akan mengikis sekat-sekat pemisah dan menyatukan dalam satu tujuan.

Adapun pengisi materi yaitu; pertama, Dr. H. Abubakar Sidik, M.Ag. (Ketua STAI Al-Masthuriyah Sukabumi) dengan materi “Peningkatan Fungsi Ketakmiran Yang Unggul Dalam Menciptakan Masjid Yang Ramah dan Toleran”. Materi kedua; Masjid Sebagai Pusat Peradaban Islam oleh KH. Ahmad Haedar (Ketua LTM PWNU Jawa Barat).

Terlaksana acara ini adalah bentuk upaya kementerian agama provinsi jawa barat dalam mewujudkan masjid-masjid di wilayah jawa barat terkelola dengan professional dan ramah bagi siapapun. Dan terwujudnya masyarakat yang agamis dan makmur.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.