Pesisir Laut Selatan Dsn. Sangkali, Desa Cogrek ,Kec. Cikatomas Kab. Tasikmalaya, 20 September 2018

291

Masyarakat mengumandang Lagu Indonesia Raya dan Shubbanul Wathon dengan Syahdu dalam acara Bakti Sosial dan Santunan Yatim, Piatu, Dhuafa, Jompo dan kaum termajinalkan yang kembali di gelar di Paguron Nurul Gholabah .

Paguron yang memiliki ribuan anggota ini bertempat di Kampung Sangkali, Desa Cogreg Kec.Cikatomas Kab.Tasikmalaya .

Adapun Acara Bakti Sosial tgl 20 September 2018 kali ini mengangkat tema “Bakti Sosial 10 Muharram (SUROAN) Islamic Festival Pakidulan III”

Iklan Layanan Masyarakat

Paguron Nurul Gholabah pimpinan KH Lukmanul Hakim atau lebih akrab disapa A’Uman sudah lebih dari 15 tahun mengadakan acara bakti sosial dan santunan memperingati 10 Muharram atau Asyura tersebut.

Acara tersebut juga bekerja sama dengan Kelompok Lintas Agama dan Organisasi Kepemudaan yg ada di daerah pakidulan maupun di luar Kab.Tasikmalaya seperti contohnya PKMW Taman Belajar AL-AFIFIYAH, Caritas Keuskupan Bandung, GKI Kebon Jati Bandung,KNPI ,ANSOR, Banser,dll di wilayah pesisir selatan Tasikmalaya.

Acara tersebut juga di hadiri oleh H. Haris Sanjaya (Wakil Ketua DPRD Kab.Tasikmalaya) asal Cineam ,Juga Ibu Heni Hendini Tokoh perempuan yang juga santrinya A’uman atau KH Lukmanul Hakim.

Acara pada malam sebelumnya diisi riyadhohan bersama keluarga Paguron Nurul Gholabah berisi dzikir dan munajat serta ijazah doa -doa khusus. Tampak hadir ditengah jamaah KH. Cecep Darussalam dari Pesantren di LangkapLancar Ciamis, hadir pula para ustad dan kyai diseputar Tasik.

Sedangkan pada pagi hari ,Kamis 20 September acara dibuka oleh pembacaan Maulid Simtudduror dari PKMW Taman Belajar Al-Afifiyah Kota Bandung pimpinan KH Wahyul Afif Al-Ghafiqi (Sekretaris PCNU Kota Bandung).

M Hasan Al Asy Ari salah satu santri Paguron Nurul Gholabah yg juga menjabat sebagai Sekretaris Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama ISNU Kota Tasikmalaya kali ini mewakili sambutan panitia melaporkan seluruh rangkaian kegiatan tersebut dihadapan para hadirin yg hadir.

“Alhamdulilah santunan baksos kali ini lebih dari 2000 paket, tiap tahun terus meningkat ….permintaan santunan yg diterima oleh panitia bukan hanya dari daerah Tasikmalaya saja melainkan dari beberapa daerah diluar Kota Tasik”ujar Mas Hasan

Sedangakan sambutan dari Shohibulbait disampaikan oleh Kang Haris Sanjaya Wakil Ketua DPRD Kab.Tasikmalaya yg juga santri A’uman. Dalam sambutan nya beliau sangat mengapresiasi acara tersebut dan juga berharap acara seperti ini tetap terjaga dan terawat.

“Semoga konsistensi perjuangan Aa Uman di Paguron bersama para santrinya senantiasa terawat” ujar Kang Haris

Sebagai pamungkas disampaikan tausiyah oleh Penceramah dari Kota Bandung yaitu KH Dzikri Abdul Halim yang merupakan muballigh kondang dari Pondok Pesantren Darut Taubah, Saritem, Kota Bandung.

Dalam tausiah nya beliau mengangkat tema “Muharram dan Kasih -sayang dalam Keluarga”
Kang Dziki menyampaikan, “Muharram Adalah Momentum menegaskan Niat ,Tekad dan prilaku nyata untuk menjadikan diri lebih baik sehingga berdampak nyata bagi diri pribadi, Keluarga dan Lingkungan”

Beliau juga menceritakan peristiwa Nabi Ibrahim As dan juga peristiwa di .ampuninya Nabi Adam & Siti Hawa yang terjadi pada tanggal sepuluh Muharram serta Menutup acara dengan doa untuk keberkahan semua yang hadir.

Previous articleRibuan warga NU Menangis Saat Dzikir Bersama Ceng Maden
Next articleAnsor Doakan BIJB (Bandara International Jawa Barat) Kertajati Menjadi Ramai Penumpang
Sandi Nurfadilah, Aktif menulis di blog PKMW Taman Belajar AL-AFIFIYAH, juga menjabat sebagai Wakil Bendahara PAC GP ANSOR Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here