Ponpes Al-Hikamussalafiyyah Tutup MASTASABA dengan Sepak Bola Api

19
- WhatsApp Image 2019 07 07 at 2 - Ponpes Al-Hikamussalafiyyah Tutup MASTASABA dengan Sepak Bola Api

Masa Adaptasi bagi santri baru di pesantren (MASTASABA) Ponpes Al-Hikamussalafiyyah ditutup dengan atraksi bola api.

Sebelum acara di mulai, Seluruh santri berkumpul dahulu di aula pesantren dan melakukan do’a bersama, atau di kalangan kaum sarungan biasa di sebut ijajah yang di pimpin oleh pimpinan ponpes Al-Hikamussalafiyyah.

“Api itu panas, Es itu dingin semua yang membuat panas dan dingin hakikatnya Allah SWT, Nabi Ibrahim As mu’jizat ny ketika di bakar oleh raja namrud tidak terasa panas, bahkan sebaliknya. Itu semua atas kehendak Allah SWT, maka dari itu kita semua meminta kepada Allah SWT agar selamat dari Api yang akan kita hadapi”. Ujar KH. Mohammad Aliyuddin, Sabtu (06/7).

Lurah santri ponpes Al-Hikamussalafiyyah ‘Abdul Majid’ menggagas bahwa kegiatan ini merupakan program tiap satu tahun sekali, Supaya santri baru dapat beradaptasi dengan lingkungan pesantren.

Pertandingan di mulai ba’da sholat isya, Satu tim nya berjumlah 6 orang dan time yang di berikan wasit 5 menit setiap satu kali pertandingan. “Serunya lagi, semua lampu yang ada dimatikan sehingga hanya bola dan obor saja yang menerangi pertandingan”. Ujar M Fajri, salah satu wasit.

Tidak hanya santri baru saja yg mengikuti kegiatan ini, akan tetapi senior pun ikut serta. Yang paling gak kalah serunya, seluruh santri putri slalu setia menjadi suporter.

Ketua Kordinasi Bola Api Yosep Nugraha menegaskan “Tentu semangat para pemain bukan main, dan gak perlu di pertanyakan tentang semangat nya. Santri baru semangat karna baru mencoba main bola pake api, lah kalo santri lama biasanya kan karna kaum hawa”. Candanya.

Kegiatan ini sudah menjadi tradisi dan khas ala ponpes Al-Hikamussalafiyyah. Menjaga tradisi ke’arifan lokal, Sesuai visi nya “melestarikan nilai-nilai lama yang baik dan mengambil nilai-nilai baru yang lebih baik”. (Helmi/LTNNU Sumedang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here