26.7 C
Bandung
Selasa, Agustus 16, 2022

teras islam moderat online NU Jawa Barat

Must read

Sambut Tahun Baru Islam 1444 H Warga NU Citayam Gemakan Yalal Wathan

Sambut Tahun Baru Islam 1444 H Warga NU Citayam Gemakan Yalal Wathan | NU Jawa Barat

LTN NU Jabar, Abdul Mun’im Hasan – Dalam rangka memeriahkan tahun baru Islam 1 Muharram 1444 H, Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Citayam Desa Raga, Jaya Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor mengadakan pawai obor dan gemakan Yalal Wathan pada, Sabtu (30/1).

Kiai Muhammad Darwis selaku pimpinan Pondok Pesantren Thorfatul Ain juga menggerakan beberapa Majelis dilingkungannya yaitu Majelis Ittihadul Islami Citayam, Majelis Al-Kautsar serta pemuda-pemudi yang berada untuk bersama -sama menghidupkan malam tahun baru Hijriah.

“Alhamdulillah, kami mengadakan acara pawai obor ini sebagai bentuk pendidikan kepada warga terutama anak-anak dan pemuda-pemudi perihal apa dan makna tahun baru Islam. Alhamdulillah juga, peserta pawai obor ini diikuti sebanyak kurang lebih 200 orang,” Ucapnya.

“Selain anak-anak, pemuda-pemudi pawai obor ini juga diikuti oleh para warga setempat. warga setempat juga sangat antusias mengikuti pawai obor bagian dari syiar Islam Ala Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah,” lanjutnya.

Ustadz Hakim Hasan sebagai selaku pengurus NU di Citayam desa Ragajaya mengungkapkan rasa yang begitu bahagia karena bisa memberikan energi positif kepada anak-anak, pemuda-pemudi juga para warga setempat yang mengikuti pawai obor tersebut.

“Acara ini (pawai obor) kegiatan yang tujuannya untuk mengenalkan tahun baru Islam sebagai syiar Islam. Tradisi pawai obor ini merupakan sesuatu yang baik yang sudah sejak lama dilakukan setiap momennya dan akan terus kita pertahankan,” Ucap kang Hakim yang juga sebagai wakil sekretaris LTM NU Kabupaten Bogor.

Lanjutnya, Kang Hakim sebagai salah satu koordinator Pawai menjelaskan bahwa syiar ini merupakan bentuk saya syukur atas anugrah ilahi.

“Pada Intinya, ini menjadi pelajaran di momen peringatan tahun baru Islam ini. Dengan pawai obor kita tanamkan kepada anak-anak sebagai generasi penerus Umat Nabi Muhammad Saw. bahwa tradisi ini sangat baik sebagai syiar Islam yang Rahmatan Lil Alamin. Misalnya kebaikan nya bisa saling bersilaturahmi. Saling menjalin kekompakan dan kekeluargaan. Untuk Menggapai keberkahan di tahun baru Hijriah,” Jelasnya.

Kang Hakim juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung atas terselenggaranya acara pawai obor ini.

“Kemeriahan pawai obor ini, dapat terwujud atas kerja sama dan semangat para pemuda-pemudi, dan tentunya dukungan para kasepuhan, terutama kepada Koordinator Banser Citayam Bapak Rasyid, dengan penjagaan di setiap jalan sembari mengarahkan para jamaah dengan shalawat dan melantunkan Yalal Wathan” Pungkasnya.

Para peserta yang memeriahkan pawai obor terdiiri berbagai macam elemen, dari Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA), Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), dan warga Nahdliyin Citayam.

Pewarta : Abdul Mun’im Hasan

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest article