Update Terbaru: 13 WNI Lolos Menjadi Jamaah Haji 2020

52

Terkait beredarnya informasi yang menyebut salah satu dari 13 WNI yang ikut dalam ibadah haji tersebut terpapar Covid-19, pihaknya akan melakukan penelusuran dan memastikan informasi tersebut. Namun ia menyebut bahwa protokol kesehatan Covid-19 yang diterapkan untuk para jamaah sangatlah ketat mulai dari awal sampai dengan pelaksanaannya. 

“Saat miqat mereka tidak turun dari bus. Jadi tetap di atas kemudian balik lagi ke arah Makkah untuk menunaikan tawaf qudum (tawaf awal) di Masjidil Haram. Jadi sekali lagi proses protokol sangat ketat termasuk satu orang satu kamar, tidak boleh keluar kamar di hotel tersebut, ketika ketahuan keluar kamar akan di berikan sanksi dan akan dipulangkan,” jelasnya.

Para jamaah juga dipasangi sejenis gelang GPS yang bisa memantau pergerakan semua jamaah haji ini. Selain itu usia yang diperbolehkan untuk mengikuti haji tahun ini juga usia ideal yaitu 20-50 tahun. Pengecekan kesehatan juga terus dilakukan termasuk swab test untuk memastikan jamaah bebas covid. Swab test ini dilakukan saat proses pendaftaran dan saat jamaah datang di hotel.

Iklan Layanan Masyarakat

Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Syamsul Arifin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here