19.3 C
Bandung
Friday, May 27, 2022

Sebuah perkumpulan yang tak memiliki media, sama dengan perkumpulan buta tuli - KH Abdul Wahab Chasbullah

Must read

LTN NU Jabar
LTNNU Jawa Barat adalah salah satu lembaga di bawah naungan PWNU Jawa Barat yang membidangi publikasi, informasi dan komunikasi.

Cegah Corona, Kiai Kafabihi Mahrus Ingatkan Nahdliyin Baca Doa Sapu Jagat

KH Kafabihi Mahrus (memegang mikrofon) pada kegiatan doa bersama di Masjid Annahdlah PBNU Jakarta, Senin (2/3). (Foto: Syamsul Duha)

Jakarta, NU Online – Pengasuh Pesantren Lirboyo KH Abdullah Kafabihi Mahrus Ali mengatakan ketika diberikan sakit di dunia, manusia dianjurkan melakukan ikhtiar dzahir (tampak). Tidak kalah penting, ikhtiar dzahir harus pula disertai doa kepada Allah SWT, sebab itu adalah perintah-Nya. Karena itu orang yang berdoa termasuk orang yang akan mendapatkan pahala.

Apa pun alasannya, apa pun persoalannya, Kiai Mahrus Ali meyakini berdoa adalah solusi atas berbagi masalah tentu diiringi dengan ikhtiar yang terus menerus. Namun, ucap dia, memang terdapat doa-doa khusus yang dibaca saat menghadapi masalah tertentu. Seperti saat virus corona menyerang rakyat Indonesia sekarang ini, doanya adalah sapu jagat yang bersumber langsung dari hadits Nabi.

“Allahumma ini as’aluka ashihah wal afiya wal muafata daima fidunya wal akhirat. Ini doa sapu jagat pengambilannya dari hadits, kita minta kepada Allah sehat dunia dan akhirat. Jadi kita minta sehat itu tidak hanya di dunia kita minta kesehaan sampai di akhirat,” tuturnya saat mengisi ceramah pada kegiatan Doa Bersama dan Pembacaan Shalawat Thibbil Qulub di Masjid Annahdlah Gedung PBNU di Jl Kramat Raya 164, Jakarta Pusat, Senin (2/3) malam.

SourceNU Online

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article