Dari Buku “Islam Radikal” : Hakimiyah [3]

24

Kedua: Ia sering mengulang ungkapan yang ia buat sendiri dan menjadikannya sebuah kaidah baku, serta berulang kali menulisnya dalam “Fi Dzilal al-Quran”. Ungkapan itu berbunyi “Hakimiyah adalah bagian paling fundamental dari sifat-sifat ketuhanan”. Ungkapan ini sama sekali tidak benar dan tidak pernah diucapkan oleh satu pun ulama ilmu kalam dan akidah. Ini adalah ungkapan memiliki makna sangat luas, namun digunakan dalam persoalan-persoalan detail sekali yang sebenarnya membutuhkan ungkapan yang spesifik dan sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah yang otentik.

Lebih jelasnya, hal paling fundamental dari sifat-sifat ketuhanan sangat berbeda dengan hakimiyah. Hal paling fundamental itu adalah sifat ke-Esa-an yang sempurna dan mutlak, yang menjadi unsur utama pengertian dari ketuhanan itu sendiri. Akan tetapi ungkapan Sayyid Qutb di atas “Hakimiyah adalah bagian paling fundamental dari sifat- sifat ketuhanan” akan melahirkan sebuah dampak psikis yang dahsyat. Yaitu, ketika ia melihat sebagian kaum muslimin tidak menjalankan hal-hal furuiyyah fikih, maka ia menghukuminya tidak berhukum dengan hukum Allah SWT, dan menentang-Nya dalam bagian paling fundamental dari sifat-sifat-Nya.

Hal itu menjadi tekanan psikis yang berat bagi orang yang terjangkit virus pemikiran ini, sehingga ia tidak segan lagi untuk mengafirkan orang lain dan berbicara tentang perkara yang besar ini, yaitu pengafiran terhadap umat Islam. Ia berani mengafirkan orang lain karena menganggapnya telah menentang Allah dalam perkara paling fundamental dalam sifat-sifat ketuhanan-Nya.

Iklan Layanan Masyarakat

Padahal, sebenarnya orang yang dikafirkan tersebut mungkin melakukan kesalahan pada perkara furu’iyyah fikih, atau masalah fikih yang masih diperselisihkan, di tengah banyaknya hal yang dapat dijadikan alasan untuk tidak berlakunya sebuah hukuman. Ini adalah komentar singkat terhadap poin kedua yang dijadikan fokus oleh Sayyid Qutb dalam wacananya yang menyerang kaum muslimin secara umum di muka bumi hingga mengkafirkan mereka semuanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here