Kata Pengantar Syaikh Usamah dalam Buku “Islam Radikal : Telaah Kritis Radikalisme dari Ikhwanul Muslimin hingga ISIS”

163
Kata Pengantar Syaikh Usamah dalam Buku “Islam Radikal : Telaah Kritis Radikalisme dari Ikhwanul Muslimin hingga ISIS”
[Ringkasan]

Bismillahirrahmanirrahim

Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan semesta alam. Sholawat dan salam semoga tetap tercurah kepada Rasulullah Muhammad SAW., keluarga, sahabat, dan orang-orang yang mengikuti mereka dalam kebaikan hingga hari kiamat.

Sejak delapan puluh tahun terakhir ini, kita disuguhkan banyak pandangan keagamaan yang diniatkan untuk berkhidmah kepada syariat Islam yang diperjuangkan dengan semangat. Mereka menciptakan metode berpikir dan menisbatkan pandangannya kepada syariat Islam dan menawarkan sejumlah teori, metodologi, menulis buku dan artikel, merangkai puisi dan menulis karya sastra lainnya, serta menerbitkan surat kabar dan tabloid.

Iklan Layanan Masyarakat

Begitu banyak persoalan atau peristiwa yang terjadi di tengah masyarakat yang mereka respon di tengah tragedi-tragedi sejarah yang memilukan, peristiwa-peristiwa yang rancu dan sumber-sumber informasi yang saling berbenturan. Semua itu terjadi dalam suasana psikologis yang tidak stabil ditambah tragedi runtuhnya imperium Islam terakhir. Semuanya ternyata bisa membuat umat islam kebingungan mencari jalannya. Hingga akhirnya harus menghadapi Israel, dan selanjutnya terjadilah sejumlah peperangan. Bangsa Arab dan umat Islam pada umumnya mulai tergoncang.

Setelah itu terjadilah arus gerakan pemikiran dan perubahan sosial. Dan terjadi benturan pemikiran di sana-sini, hingga banyak orang yang bingung dan tidak mampu melihat realitas secara utuh serta mencerna dan menganalisanya dengan baik. Apalagi mampu memberikan solusi untuk menghadapinya, semua mandeg.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here