Langkah Awal saat Terserang Demam, Batuk, Pilek di Tengah Corona

41
Langkah Awal saat Terserang Demam, Batuk, Pilek di Tengah Corona

Jakarta, NU Online

Coronavirus Desease 2019 (Covid-19) menular di antaranya lewat orang yang bersin, batuk, demam, dan benda-benda yang dipegangnya. Tentu hal itu ditularkan oleh orang yang positif terjangkit Covid-19.

Namun, karena virus jenis ini menular dengan cepat dan siapa pun bisa terjangkit tanpa terasa, masyarakat kerap curiga seketika terhadap orang yang demam, batuk, dan pilek. Kecurigaan tersebut bukan tanpa alasan karena gejala-gejala itu menjadi media penyebar Covid-19.

Terkait fenomena sosial itu, Pakar Epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI dr Syahrizal Syarif menegaskan, gejala-gejala seperti demam, batuk, dan pilek memang menjadi media penularan. Tetapi tidak semua yang terkena demam, batuk, dan pilek lalu terinfeksi virus corona.

Menurutnya, masyarakat tidak perlu panik. Tidak perlu berpikir bahwa semua orang demam, batuk, pilek, pasti terkena corona, tidak boleh menuduh seperti itu karena penyebabnya bisa banyak sekali.

“Jadi kalau demam dan pilek saja tanpa sesak napas, tidak perlu pergi ke dokter, jangan panik. Beli obat penurun panas dan pilek, tinggal di rumah selama 3 atau 4 hari,” ujar Syahrizal Syarif, Selasa (24/5) di Kantor PBNU Jakarta.

Kecuali, lanjut Ketua PBNU itu, kalau seseorang sudah sesak napas, itu beda. Kalau seseorang ada sesak napas, tidak perlu pikir panjang, langsung bawa ke dokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here