Indonesia dan Wabah: Abai Peringatan Dini Berujung Tragedi

2
Indonesia dan Wabah: Abai Peringatan Dini Berujung Tragedi

Wabah virus mulai menjadi perhatian masyarakat dunia setelah pada 20 Januari 2020 lalu otoritas kesehatan di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok mengatakan tiga orang tewas di Wuhan setelah menderita pneumonia yang disebabkan sebuah virus.

Kabar tersebut langsung meresahkan penduduk setempat maupun warga Tiongkok yang akan melakukan perjalanan pulang kampung untuk merayakan Tahun Baru Imlek pada 25 Januari 2020.

Virus ini semakin menakutkan bagi warga karena berkaitan dengan Sindrom Pernapasan Akut Berat (SARS) yang pernah menewaskan hampir 650 orang di Tiongkok dan Hong Kong pada 2002 dan 2003.

Virus corona jenis baru yang tengah menyerang masyarakat dunia saat ini dalam istilah kedokteran disebut sebagai 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) yang kini berubah nama menjadi Coronavirus Desease 2019 (Covid-19). Virus corona merupakan jenis virus yang diidentifikasi sebagai penyebab penyakit pada saluran pernapasan, yang pertama kali terdeteksi muncul di Kota Wuhan, Tiongkok.

Pada 21 Januari 2020 sudah ada 218 warga Tiongkok yang tertular virus corona dan 4 orang meninggal. Jumlah korban terus bertambah, hingga pada 23 Januari 2020. Pemerintah Tiongkok memutuskan untuk menutup (lockdown) Kota Wuhan yang menjadi pusat munculnya (episentrum) virus corona. Keputusan ini diambil setelah jumlah korban tewas mencapai 17 jiwa dan kurang lebih 600 orang terinfeksi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here