Mencari Dalang (di Balik) Peristiwa G30S1965 ?

113

Penguasa Orde Baru yg mempertahankan rezimnya sekira 32 tahun tampak gembira dengan pemutaran “Film G30S PKI.” Film itu menceritrakan masa kelam bangsa lndonesia setelah peristiwa pembantaian tujuh jendral oleh PKI yang dieksekusi tentara. Para eksekutor adalah orang terlibat langsung menghilangkan nyawa manusia. Sementara sutradaranya adalah tokoh-tokoh gerakan PKI (Partai Komunis lndonesia). Itulah pemahaman dalam film yang setiap tahun ditayangkan di televisi Nasional saat Orba (Orde Baru) berkuasa.

Berbagai pro dan kontra terhadap film tersebut masih disebut wajar, tiada caci-maki dan hoax tidak seperti film “Santri” yang dimotori ormas NU. Yang puas dengan tayangan film produk Orba cukup menikmati, sementara ada yang tidak puas, khususnya tentang kebenaran sejarah.

Sejarah Gerakan 30 September 1965 perlu ditelisik kebenarannya, karena ada yang tidak sesuai dengan fakta sebenarnya. Paling tidak, bagi “keluarga” korban dan yang dikorbankan merasa “terfitnah” atas peristiwa tersebut. Silakan buat catatan sejarah tentang peristiwa tersebut yang mendekati kebenaran sebagai kontra dari film yang dibuat pada masa Orba itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here