The news is by your side.

Pentingnya Mencatat Ilmu bagi Pelajar

Pentingnya Mencatat Ilmu bagi Pelajar | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa Barat
Dina Nurin Al Aulia – Mencatat ilmu bagi seorang pelajar merupakan hal yang sangat perlu kita tekankan dan biasakan. Karena jangan sampai kita menyianyiakan ilmu dan membiarkan ilmu yang telah kita dengar menguap tidak berarti. Dan dengan cara mencatat diharapkan dapat mengikat ilmu tersebut sampai kapanpun, mencatat ilmu juga termasuk dalam adab bagi seorang murid.
Ilmu yang dapat kita nikmati pada masa ini juga merupakan hasil dari catatan para sahabat dan ulama terdahulu.

Catatan dari para ulama dan sahabat yang tertulis rapi dalam kitab- kitab kuno yang dapat kita kaji kembali dan manfaatkan keilmuannya. Tanpa adanya catatan para ulama terdahulu kita akan kesulitan untuk menjawab persoalan dunia masa kini.

Salah satu dalil hadis nabi yang menganjurkan untuk mencatat ilmu ialah hadis dalam kitab jami’ bayanil ilmi wa fadhlihi karangan ibnu abdil barr . hadis yang berbunyi :

عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ قَالَ: قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَيِّدُوا ‌الْعِلْمَ ‌بِالْكِتَابِ

Artinya : dari yahya bin abi katsir ia berkata : ibnu abbas ra berkata ikatlah (catatlah ) ilmu dengan tulisan. ( HR. Ibnu Abdil Barr )

Dari penjelasan hadis ini, kita dapat memahami bahwa mencatat ilmu bagi seorang pelajar bukan hanya sekedar anjuran dari para ulama. Namun sudah jelas bahwa hal ini dilatar belakangi dengan adanya hadis nabi. Mencatat ilmu sangat di anjurkan bagi para siswa yang merasa kesulitan, dan memiliki keterbatasan hafalan. Karena dengan mencatat seorang murid akan lebih mudah menghafal dan menyerap materi pelajaran.

Imam syafi’i juga sangat sepakat akan pentingnya mencatat ilmu, beliau berkata :

قال الامام الشافعى : العلم صيد والكتابه قيده, قيد صيودك بالحبال الواشقة

Artinya : ‘’imam syafi’i berkata : ilmu ibarat hewan buruan dan tulisan ibarat tali pengikatnya, oleh karena itu ikatlah hewan buruanmu dengan tali yang kuat.’’

Alasan pentingnya mecatat ilmu bagi pelajar

Manusia memiliki daya ingat yang berbeda – beda, dan ilmu merupakan sesuatu yang gampang hilang ketika tidak diikat. Selain menjadi adab dalam mencari ilmu dengan mencatat ilmu yang telah di dengar, diharapkan otak kita akan bekerja semakin maksimal dalam mengigat, dan apabila ilmu sudah benar- benar dalam ingatan kita, kita dapat dengan mudah mengamalkannya dalam kesaharian kita. Para ulama terdahulu yang memiliki daya ingat kuat saja mencatat ilmu karena tidak ingin lupa, lalu apa alasan mendasar kita yang daya ingat tidak sebagus mereka bisa bermalas -malasan dalam mencatat ilmu ?.

Manfaat- manfaat mencatat ilmu

Mencatat ilmu bukan sebuah hal yang sia -sia, kita akan mendapatkan banyak manfaat ketika dengan suka rela melakukannya, dibawah ini penulis akan menuliskan beberapa manfaat yang diperoleh seseorang yang mau mencatat ilmu, yaitu :

  • Mengikat ilmu
    Dengan mencatat kita akan lebih fokus dengan materi yang sedang di sampaikan, dan ketika kita fokus mencatat otak kita akan dengan jelas merekam ilmu.
  • Tidak mudah lupa
    Daya ingat manusia sangat berbeda-beda, mengikat ilmu dengan cara mencatat membuat seseorang tidak mudah lupa dengan pelajaran yang telah di sampaikan.
  • Mewariskan pengetahuan
    Ilmu termasuk dalam harta yang dapat di wariskan, salah satu cara mewariskan ilmu yaitu dengan mencatat ilmu dan membukukannya, karena dengan cara di tulis ilmu tidak akan mudah hilang termakan zaman, selain itu, dengan mencatat ilmu kita akan memperpanjang manfaat ilmu tersebut. Contohnya ialah kitab- kitab kuno yang sampai saat ini masih kita pakai sebagai kajian dan kita manfaatkan ilmu di dalamnya.
Penulis
Dina Nurin Al Aulia
Leave A Reply

Your email address will not be published.