The news is by your side.

Sejarah Wabah Virus Mematikan di Indonesia dan Dunia

Sejarah Wabah Virus Mematikan di Indonesia dan Dunia | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa Barat

Sejarah mencatat dalam kurun waktu 15 tahun, tepatnya pada 1911-1926, rakyat Indonesia pernah terjangkit wabah mematikan, yaitu Pes. Wabah yang bersumber dari virus yang dibawa oleh kutu yang menempel pada hewan tikus ini menewaskan sekitar 120.000 jiwa. Sebagian besar korban berasal dari Jawa Tengah.

Namun, wabah pertama kali terjadi di Malang, Jawa Timur dan kemudian merembet ke seluruh Pulau Jawa kala itu. Tidak banyak warga masyarakat yang memahami wabah tersebut sehingga kerap rakyat berpasrah diri bahkan hingga mendatangkan orang pintar (baca: dukun) segala. Tetapi hasilnya nihil.

Untuk mengatasi wabah besar Pes di Jawa tahun 1911-1926 yang merenggut sekitar 120.000 jiwa itu, pemerintah kolonial Hindia-Belanda menjalankan program pembongkaran hampir sejuta rumah. Rumah dibongkar di bagian atap, dinding anyaman, dan menutup lubang bambu tempat tikus bersembunyi.

Gerak cepat pemerintah kolonial dalam menangani Pes ini tidak terlepas dari pengalaman tragis orang-orang Eropa yang terjangkit wabah serupa pada abad ke-14. Historia mencatat, wabah Pes telah membunuh sekitar 60 persen populasi di Eropa pada waktu itu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.