Sejumlah Langkah untuk Turunkan Kasus Covid-19

16
Sejumlah Langkah untuk Turunkan Kasus Covid-19

Jakarta, NU Online

Ahli Epidemiologi dr Syahrizal Syarif menegaskan bahwa penurunan kasus Coronavirus Desease 2019 (Covid-19) bisa dilakukan jika ada langkah-langkah yang tepat dari pemerintah.

Ia mencontohkan, Korea Selatan bisa menurunkan kasus Covid-19 karena mereka terus berupaya melakukan diagnosa dan mendeteksi kasus dengan pemeriksaan yang masif.

Iklan Layanan Masyarakat

“Sampai 250.000 orang diperiksa di Korea. Itu bisa dilakukan karena mereka mempunyai instrumen berupa Rapid Test yang bisa memeriksa orang dalam waktu 10 menit. Setelah positif, lalu mereka diperiksa di laboratorium,” jelas Syahrizal Syarif, Kamis (19/3) di Jakarta.

Ketua PBNU Bidang Kesehatan ini menerangkan, virus corona merupakan jenis penyakit yang menular melalui orang yang sakit. Jadi, kata dia, kalau pemerintah secepatnya menemukan atau mendeteksi orang yang sakit, itu artinya pemerintah sudah melakukan langkah pencegahan penyebaran virus secara luas.

“Jadi nomor satu ialah, secepat mungkin menemukan orang yang sakit. Kedua menyiapkan fasilitas kesehatan serta memisahkan berbagai jenis pasien. Jangan dicampur-campur,” tegasnya.

Jika masyarakat juga menyambut dan melaksanakan langkah-langkah medis yang telah ditetapkan, dirinya meyakini Indonesia akan melewati pandemi ini dengan cepat tanpa harus menunggu tenggat darurat nasional yang ditetapkan pemerintah pada 29 Mei 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here