The news is by your side.

SMP Berbasis Pesantren Bina Insan Mulia Cirebon Luncurkan Program Unggulan

[su_youtube url=”https://www.youtube.com/watch?v=1DSPE2V0Mco” responsive=”yes” autoplay=”no”]

Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Bina Insan Mulia merupakan salah satu unit pendidikan yang dimiliki oleh Pesantren Bina Insan Mulia dan juga merupakan SMP berbasis pesantren terbesar di Kabupaten Cirebon.

Sistem pembelajaran di SMP IT Bina Insan Mulia menggunakan kurikulum nasional di bawah Kementerian Pendidikan yang dikhususkan pada mata pelajaran yang di-UN-kan serta menggunakan kurikulum pesantren yang dikhususkan pada bidang-bidang keagamaan, yaitu kitab kuning yang merupakan tradisi pesantren di Indonesia.

SMP IT Bina Insan Mulia memiliki jam belajar yang sangat singkat, hanya dalam 4 jam dalam 1 hari. Dari jam 7.30 sampai jam 11.30. Meski demikian, jumlah jam pelajarannya tetap, yaitu 8 jam pelajaran. Artinya, satu mata pelajaran hanya berlangsung 30 menit saja. Ini sudah mencakup pelajaran sekolah dan pelajaran pesantren di dalamnya.

Untuk metode pembelajaran, SMP IT Bina Insan Mulia tidak sekedar menggunakan monolog, tetapi menggunakan audio visual dimana di setiap kelas disediakan LED. Selain untuk menunjang pembelajaran, juga digunakan untuk hiburan saat istirahat ba’da dzuhur hingga ashar.

SMP Berbasis Pesantren Bina Insan Mulia Cirebon Luncurkan Program Unggulan | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa Barat
Leave A Reply

Your email address will not be published.