Strategi Pengendalian Wabah Covid-19

22
Strategi Pengendalian Wabah Covid-19

Oleh Syahrizal Syarif

Apakah dunia saat ini sudah mampu mengendalikan wabah Corona Virus Desease 2019 (Covid-19)? Untuk menjawab pertanyaan ini, jawabannya ada pada pengamatan atas gambaran grafik batang yang menyajikan jumlah kasus per hari yang dilaporkan.

Jika paling tidak, dalam tiga hari terakhir jumlah yang dilaporkan angkanya lebih rendah dari hari-hari sebelumnya, maka dapat dinyatakan sebagai berita baik, tanda-tanda wabah mulai terkendali di negara atau wilayah tersebut.

Iklan Layanan Masyarakat

Tentu kadang kadang terjadi sesuatu hal yang tidak terduga, misalnya munculnya 287 kasus Covid-19 di Singapura dari klaster asrama pekerja asing yang bekerja di bidang konstruksi. Namun, hal ini tidak membuat Singapura menjadi negara dengan wabah tidak terkendali.

Saat ini di dunia, terdapat tujuh negara di mana wabah Covid-19 masih akan meningkat tajam, artinya belum menunjukkan tanda-tanda terkendali.

Walau negara-negara di Eropa dengan jumlah kasus diatas 125.000 cukup banyak seperti Spanyol, Italia, Prancis dan Jerman, namun laporan kasus baru menunjukkan langkah langkah pencegahan dan pengendalian menunjukkan tanda-tanda keberhasilan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here