YANG ADA ITU HTI, PKI-NYA MANA?

291

Aku menjawab, “Ya Allah bagaimana aku tidak melihat orang yang diberi nikmat selainku, sementara Kau telah memberi nikmat kepada para Nabi, para ulama, para penguasa?” Suara itu kembali berkata, “Kalau bukan karena para Nabi, kau tidak akan mendapat petunjuk. Kalau bukan karena ulama, kau tidak akan bisa meneladani. Kalau bukan karena penguasa, kau tidak akan merasa aman. Jadi, semua nikmat-Ku telah Ku berikan kepadamu.”

Rasa aman yang telah diciptakan oleh pemerintah adalah nikmat dari Allah swt. Lebih tegas lagi Syaikh Ibnu ‘Athaillah mengatakan, “Siapa yang tidak mensyukuri nikmat, berarti ia telah menghilangkan nikmat itu, dan siapa yang mensyukurinya maka ia telah mengikatnya dengan tali kekang.”

Syaikh Zarruq mengingatkan, “Siapa yang tidak bersyukur maka nikmat yang telah Allah limpahkan akan dirampas dan ditanggalkan darinya dengan cara yang tidak diduga dan tidak diketahui.” Mari kita sudahi narasi-narasi tentang ancaman kebangkitan PKI, karena hal itu kecil kemungkinannya akan terjadi. Lebih baik, bersikap positif terhadap bangsa dan negara sendiri.

Iklan Layanan Masyarakat

Refleksi Ramadlan 1441 H
Bandung, 17 Mei 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here