Internalisasi Karakter Cinta di Lembaga Pendidikan

194
Internalisasi Karakter Cinta di Lembaga Pendidikan

Cinta melalui Pengetahuan

Srie Muldrianto – Pada tulisan “ Membangun Daya Saing Berbasis Cinta” dibahas bahwa cinta dari segi yang dicintanya (tujuan) terdiri dari cinta pada Allah SWT., cinta pada sesama manusia, dan cinta pada alam semesta. Sedangkan cinta dari dimensi cara pencapaiannya dapat dibagi pada tiga wilayah yaitu wilayah kognitif, afektif, dan psikomotor.

Pengetahuan tentang yang dicinta memiliki peran yang menentukan pada tingkat ke dalaman cinta. Semakin dalam pengetahuannya tentang yang dicinta maka semakin dalam cintanya. Cinta pada Allah SWT. Merupakan hakikat dan sumber segala kebaikan dan kebenaran. Cinta pada Allah meniscayakan cinta pada seluruh ciptaan Allah, karena Allah SWT. Namun karena cinta kepada Allah SWT memiliki gradasi (tingkatan) maka penulis memandang perlu untuk membagi tujuan cinta pada tiga wilayah.

Iklan Layanan Masyarakat

Adapun penulis menyatakan bahwa cinta pada Allah SWT merupakan sumber segala kebaikan dan kebenaran alasannya adalah kebenaran dan kebaikan sesuatu yang kadang berbeda tidak semua kebenaran itu baik dan tidak semua kebaikan itu benar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here