Lima Buku yang Direkomendasikan Gus Dur untuk Santri

313

Sedikitnya ada lima buku yang direkomendasikan Gus Dur. Buku pertama adalah Aera Eropa karya J.M. Romein. Buku ini diterjemahkan dari “Aera van Europa” oleh penerbit Ganaco Bandung. Tercatat tahun terbitnya 1956. Buku ini bercerita tentang sejarah dunia yang kemudian terfokus pada peradaban Eropa. Beberapa kalimat yang ditulis oleh Romein agak provokatif kalau dibaca orang Indonesia, khususnya kaum Muslimnya yang selama ini merasa besar dari sisi jumlah. Kata Romein: “Andaikata djumlah penduduk suatu negara dalam segala keadaan menentukan kekuasaan dan pengaruh negara itu maka Tiongkok seharusja mendjadi negara jang selalu besar kekuasaanja sebab pendudukja selalu terbanyak sepanjang jang dapat kita ketahui.”

Kalimat yang agak sinis untuk Tiongkok itu mungkin tidak terlalu tepat jika dibaca sekarang. Tapi ketika itu, kata Romein, Jepang yang penduduknya hanya 44 juta jiwa dapat mengalahkan Tiongkok yang penduduknya 435 juta.

Buku Aera Eropa bercerita tentang tantangan geografis orang Eropa, faktor demografi, etnologi dan ‘jiwa’ orang Eropa, tentang bangsa Yunani, Romawi, Byzantium, tentang agama Nasrani, persinggungan Islam dan Eropa, dan Protestantisme, tentang renaissance, tentang kemampuan ‘teknik’ orang Eropa, tentang nasionalisme, kapitalisme dan ‘penemuan’ daerah (jajahan) baru, tentang aufklarung, tentang revolusi industri, Revolusi Prancis dan Rusia, Revolusi Amerika, imperialisme modern, sampai jatuhnya ‘musim gugur’ di Eropa.

Iklan Layanan Masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here