Mengkaji Kebijakan Publik Jokowi Hadapi Pandemi

193
Mengkaji Kebijakan Publik Jokowi Hadapi Pandemi

Oleh : Dede Hidayat (LPPM STIDKI NU Indramayu)

Kebijakan publik merupakan suatu aturan aturan yang dibuat oleh pemerintah selaku pemangku kebijakan untuk mengatasi berbagai persoalan dan isu-isu yang ada dan berkembang di tengah masyarakat.

Kebijakan publik juga merupakan keputusan yang dibuat untuk melakukan pilihan tindakan tertentu untuk melakukan sesuatu atau tidak bagi masyarakat yang ada dalam wilayah hukum suatu negara tersebut.

Berbagai persoalan krusial yang terjadi di tengah masyarakat tentu menjadi bagian dari negara menanggung penuh tanggung jawab pada rakyatnya, Negara harus hadir dan diharapkan memberikan solusi atas permasalahan permasalahan tersebut.

Akan tetapi perlu digaris bawahi bahwa kebijakan publik sejatinya tidak akan mampu menyenangkan semua pihak, pasti akan ada yang terkena imbas dari kebijakan tersebut, namun muaranya adalah bagaimana kebijakan tersebut mampu mengayomi sebagian besar masyarakat dan meminimalisir dampak negatif yang di timbulkan.

Seperti yang di ungkapkan oleh pakar kebijakan publik dunia ; David Easton, Ia mengungkapkan bahwa public policy sebagai ” the authoritative allocation of value for the whole society, but it turns out that only the goverment can authoritatively act on the whole society, and everything the goverment choosed do or not do result in allocation of values ” maksudnya adalah public policy tidak hanya berupa apa yang dilakukan oleh pemerintah, akan tetapi juga apa yang tidak dilakukan, karena ke dua nya sama sama membutuhkan alasan-alasan yang harus dipertanggung jawabkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here