Melihat Virus Corona dari Dalam China

67
Melihat Virus Corona dari Dalam China

Hari-hari ini dunia membelalakkan mata ke arah Republik Rakyat Tiongkok seiring berkecamuknya wabah radang paru-paru (pneumonia) tak-biasa dari Wuhan. Banjir informasi pun mengalir deras lewat aneka media elektronik dan media sosial, dengan hoaks, propaganda dan kejadian sesungguhnya saling tercampur-baur. Di tengah kebingungan dan kepanikan, peristiwa ini juga dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para pihak berkepentingan yang mempunyai agendanya sendiri-sendiri dengan satu maksud bersama guna menjatuhkan reputasi Republik Rakyat Tiongkok.

Sebagai orang Indonesia dan warga Nahdliyin yang sedang menjalankan tugas belajar di Kota Xi’an, perkenankan saya menyampaikan situasi di sini. Berdasarkan apa yang saya lihat, saya dengar dan yang saya rasakan. Kota Xi’an di Provinsi Shaanxi hanya berjarak 650 kilometer dari kota Wuhan di Propinsi Hubei, kota yang menjadi episentrum wabah radang paru-paru itu.

Berdasarkan penjelasan first affiliation hospital Xi’an Jiaotong University yang dibagikan kepada seluruh mahasiswa secara elektronik per 18 Januari 2020, radang paru-paru tak-biasa dari Wuhan disebabkan oleh novel coronavirus yang dinamakan 2019–nCoV atau disebut coronavirus Wuhan. Disebut novel coronavirus karena merupakan virus corona atau coronavirus yang baru diketahui atau dikenali manusia. Sebelum 2020 manusia belum mengenal coronavirus yang satu ini, meski mungkin ia sudah ada dan beranak-pinak dengan damai di muka bumi dalam ribuan tahun terakhir tanpa bersinggungan dengan manusia.

Iklan Layanan Masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here