Mendorong Inovasi di Dunia Islam

34

Di Asia, Jepang merupakan bangsa yang pertama kali menyadari pentingnya inovasi. Restorasi Meiji menjadi titik awal anak-anak muda Jepang belajar teknologi di Barat yang kemudian secara bertahap dikembangkan di dalam negerinya. Hingga kini, negeri matahari terbit ini menjadi pusat produksi otomotif global dan produk-produk elektronik. 

Proses kemajuan yang terjadi di Asia Timur berlangsung dengan cepat. Korea Selatan yang sebelumnya luluh lantak akibat perang saudara tahun 50-an, namun hanya dalam lima dekade mampu menjadi negara berpengaruh dengan produk-produk elektronik yang kini tersebar ke seluruh dunia. Bukan hanya itu, negeri gingseng ini mampu melahirkan inovasi budaya yang dikenal Gelombang Korea (Hallyu) yang menjadi rujukan budaya pop, termasuk di dunia Muslim.

China, raksasa yang sebelumnya tidur panjang menunjukkan gebrakan luar biasa yang membuat pihak lain bergidik. Jika sebelumnya mereka hanya menjadi peniru dengan produk berkualitas rendah, kini negeri tirai bambu ini menjadi produsen barang-barang dengan harga murah tetapi memiliki kualitas yang terus meningkat. Mereka juga getol melakukan sejumlah riset baru di bidang teknologi. Dalam 5-10 tahun ke depan, pengaruh China pada bidang inovasi teknologi akan semakin besar.

Iklan Layanan Masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here