Mendorong Inovasi di Dunia Islam

34

Di sisi lain, beberapa negara di Timur Tengah yang sangat makmur karena rezeki minyak dan gas lebih banyak tampak menghambur-hamburkan uangnya untuk membeli produk mewah atau canggih yang sebenarnya tak perlu-perlu amat. Sangat disayangkan jika kekayaan alam yang suatu saat akan habis tersebut tidak dimanfaatkan untuk mendorong pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sebagian negeri Muslim lainnya masih mengalami peperangan yang merusak segala sesuatu yang sebelumnya dibangun dengan susah payah. Suriah, Yaman, Irak, dan Afganistan merupakan contoh kelam dunia Islam yang belum mampu keluar dari cara-cara tak beradab dalam menyelesaikan konflik. Jangankan berpikir untuk maju dan sejahtera, rakyatnya masih berpikir apakah besok selamat atau tidak. Jutaan orang berusaha keluar dari negeri-negeri konflik untuk mencari tempat yang lebih aman. 

Sebagian negara Muslim di Afrika bagian selatan mengalami persoalan lebih mendasar seperti kemiskinan, kesehatan, kebodohan, dan konflik militer yang menyebabkan negara tidak stabil. Di saat bagian lain sudah memikirkan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sebagian umat Islam di benua tersebut berjuang menyelesaikan masalah-masalah kemanusiaan. Jalan masih panjang untuk mencapai posisi setara dengan bangsa lain.

Iklan Layanan Masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here