Pandemi Belum Terkendali, Apa yang Harus Dilakukan?

49

Soal selesainya wabah, bagaimana wabah Covid-19 bisa dikatakan selesai?

Wabah bisa dikatakan berakhir jika dalam 28 hari tidak ada satu pun kasus baru. Kebijakan large-scale social restrictions atau Pembatasan Sosial Berskala Besar bisa dilonggarkan jika lebih dari sepekan atau 14 hari kasus terus mengalami penurunan.

Pada 13 Mei 2020 Gugus Tugas Nasional Pencegahan Covid-19 melaporkan kasus harian tertinggi, yaitu 689 kasus. Ini artinya Indonesia menjadi satu-satunya negara di ASEAN yang masuk kembali menjadi negara dengan wabah belum terkendali.

Iklan Layanan Masyarakat

Jadi kasus harian yang dilaporkan tidak menggambarkan kasus harian. Beberapa saat lalu sempat terjadi antrian PCR panjang karena kelangkaan Virus Transportation Media (VTM) dan Reagent untuk ekstraksi RNA-nya.

Jadi kasus yang dilaporkan akan berkisar antara 250-500 tergantung keberadaan VTM dan Reagent.

Efektifkah Kebijakan PSBB?

Soal efektivitas bukan terletak pada kebijakan PSBB-nya, tetapi pelaksanaan kebijakannya. Ketika aturan-aturan di dalam PSBB itu dilaksanakan dengan pengawasn yang ketat, sudah pasti itu efektif. Dampak dari PSBB hasilnya tergantung dari kebijakan yang dijalankan sesuai protap atau tidak.

Di awal-awal memang ada sekian ratus perusahaan yang digerebek, lalu disegel karena tetap buka tidak mengindahkan kebijakan PSBB.

Kebijakan PSBB juga berlaku di jalan atau lalu lintas. Jika aturan-aturan PSBB di dalam lalu lintas berjalan, efektivitas akan tercapai. Tetapi jika masih terlihat banyak orang yang tidak pakai masker, naik motor atau jalan kaki tidak mengenakan masker, PSBB berarti belum berjalan dengan baik.

Kalau kita melihat tukang-tukang ojek berkumpul lebih dari lima orang, berarti PSBB belum jalan. Atau kalau di pasar kita masih melihat ada kerumunan orang berarti belum jalan. Karena pasar kan boleh buka yang seharusnya belum boleh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here