Bendera Merah Putih Bendera Rasulullah SAW

1393
Bendera Merah Putih Bendera Rasulullah SAW

Kebaikan yang ada pada diri setiap muslim yang ingin memperbaiki dirinya adalah dengan mengambil pedoman utama akhlak Rasulullah Sayyidina Muhammad. Allah Swt berfirman :

وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانتَهُوا

Maknanya : “Dan apa yang disampaikan Rasulullah Saw kepadamu maka terimalah, dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah.” (QS. Al-Hasyr : 7).

Iklan Layanan Masyarakat

Merah Putih Adalah Warna Kekhasan Rasulullah Saw

Warna merah putih merupakan warna dasar yang diberikan secara khusus oleh Allah SWT untuk Rasulullah. Karena warna ini menjadi warna trend Nabi maka tentunya memiliki nilai maupun filosofi yang terdalam yang harus terus diperkenalkan dan dilestarikan. Rasulullah Swt menggunaka kedua warna ini untuk bendera khas ataupun simbol islami yang melekat dan mempunyai kandungan makna yang dapat digunakan semua orang tanpa memandang agama, suku, bangsa dan status. Mari kita lihat hadits-hadits yang menyatakan hal ini,

عَنْ ثَوْبَانَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ اللَّهَ زَوَى لِي الْأَرْضَ فَرَأَيْتُ مَشَارِقَهَا وَمَغَارِبَهَا وَإِنَّ أُمَّتِي سَيَبْلُغُ مُلْكُهَا مَا زُوِيَ لِي مِنْهَا وَأُعْطِيتُ الْكَنْزَيْنِ الْأَحْمَرَ وَالْأَبْيَضَ وَإِنِّي سَأَلْتُ رَبِّي لِأُمَّتِي أَنْ لَا يُهْلِكَهَا بِسَنَةٍ عَامَّةٍ وَأَنْ لَا يُسَلِّطَ عَلَيْهِمْ عَدُوًّا مِنْ سِوَى أَنْفُسِهِمْ فَيَسْتَبِيحَ بَيْضَتَهُمْ

Maknanya : “Dari Tsauban, Rasulullah Saw bersabda : Sesungguhnya Allah melipat bumi untukku hingga saya dapat melihat timur serta baratnya. sebenarnya kekuasaan ummatku bakal meraih apa yang sudah dinampakkan untukku. Saya diberi dua perbendaharaan besar yaitu warna merah dan putih. Saya bermohon kepada Tuhanku untuk ummatku supaya Dia tak membinasakan mereka dengan kekeringan menyeluruh dan supaya Dia tidak memberikan kuasa kepada musuh terkecuali diri mereka sendiri yang menyerang sesama mereka.” (HR. Muslim bab halakul ummah ba’dhum biba’dh No. 5144).

Para ulama seperti Imam An-Nawawi dan lain-lain banyak menafsirkan bahwa merah dan putih itu merupakan simbol emas dan perak. Simbol emas perak itu merupakan simbol kemenangan dan kejayaan. Oleh karena itu pada masa dahulu Rasulullah Saw menggunakan bendera dan panji merah putih untuk mendapatkan kemenangan di mana harta ghanimah yang didapat terdiri dari emas dan perak.

Perhatikan hadits di atas, warna merah adalah dua warna yang menjadi perbendaharaan terbesar, diikuti dengan bagian kalimat di penghujung akhir yang berkonklusi pada peperangan. Rasulullah Saw meminta kepada Allah agar umat selalu menang dalam peperangan. Tentunya dalam peperangan dua warna inilah yang menjadi bendera atau panji Rasulullah dan umat saat itu. Alasan yang paling konkrit karena ini adalah hadits yang tershahih yang menyatakan tentang bendera merah putihnya Rasulullah Saw, dan tentunya karena ini merupakan perbendaharaan tentunya dua jenis warna inilah yang sering digunakan Rasulullah untuk bendera atau panji pada saat peperangan dan juga pada baju atau sebutan-sebutan tertentu tentang merah maupun putih dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here