NU Punya Visi Global untuk Peradaban Umat Manusia

26

Itu berdasarkan apa, pengakuan mereka? 

Pengakuan mereka sendiri yang bicara. Mereka sendiri yang bicara. Kemarin kita bersama PKB kita mengadakan jaringan politik internasional, lebih dari 150 partai politik seluruh dunia, kira-kira separuh anggotanya dari Eropa. Orang-orang dari Eropa ini sudah mengatakan, NU ini, hanya NU yang bisa membantu peradaban eropa di dalam krisis yang sekarang mereka alami. Ini serius dan mendasar sekali. Jadi kalau kita masih merasa menyusu kepada orang, ya goblok namanya. Kita yang dibutuhkan dunia.

Kendalanya ini berarti seperti yang dikatakan Kiai Wahab, bahwa kita punya meriam, kemudian orang mengatakan bahwa milik kita itu adalah gelugu, 

Ya, kita punya meriam, kemudian orang-orang mengatakan itu bumbung, dan kita percaya. Padahal ini meriam. 

Masih banyak yang begitu? 

Masih. Sekarang kita harus sadarkan seluruh NU bahwa NU dilahirkan demi cita-cita peradaban. 

Kira-kira visi internasional apa dilakukan NU hari ini bibit-bibitnya sejak awal berdiri? 

Iya, dari Komite Hijaz, lambangnya dunia. Iya. Pada waktu itu mungkin kadar ‘uqulnya orang banyak belum sampai, lalu disampaikan dengan simbol-simbol. Misalnya dengan isarah hasil istikharah gambar jagat, simbol bintang sembilan dan sebagainya. Dan sekarang kita sudah bisa memahami dan sudah kelihatan momentumnya bahwa dunia membutuhkan NU. Makanya NU harus berpikir untuk dunia bukan hanya untuk dirinya sendiri.

Kenapa Gus, NU bisa sampai pada visi seperti itu, bahkan sejak awal?

Ini ilhamnya wali kok, wali-wali itu semua. Kita mana mengerti. Kita tak habis pikir kenapa membuat organisasi yang bernama Nahdlatul Ulama wong sebelum itu sudah ada Nahdlatul Wathan. Ini sebelumnya misteri.

Nah, sekarang kita bisa jawab, bahwa NU dilahirkan dalam momentum runtuhnya peradaban Islam yang sempat bertahan 700 tahun. Maka NU didirikan untuk merintis peradaban baru. Dan ini perjuangan besar, perjuangan panjang. Kita baru masuk satu abad pertama. Kita masih butuh 7 abad. Maka jangan tergesa-gesa mengharapkan kiamat. Insyaallah masih panjang. 

Iya, kalau bukan wali, tidak mungkin itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here