NU Punya Visi Global untuk Peradaban Umat Manusia

26

Nah, sekarang kita mendapatkan, katakanlah pengakuan secara internasional bahwa NU punya sesuatu yang harus diperhatikan oleh dunia internasional. Berbagai macam tokoh-tokoh yang sudah menyatakan hal itu secara verbal dan eksplisit. Dan kita bisa rasakan bagaimana itu termanifestasikan setiap kali NU hadir dalam aktivitas internasional.

Ke depan masih banyak yang kita lakukkan karena kita menghadapi tantangan dan hambatan, misalnya Timur Tengah masih tampak keberatan untuk mendengarkan Nahdlatul Ulama biasa Arab, mengaggap kita ‘ajam, merasa mereka lebih tahu tentang Islam. 

Padahal sudah terbukti dunia Arab tidak mampu menemukan jalan keluar dari keruntuhan peradaban yang sedang mereka alami saat ini dan apabila mereka berpikir jernih, jujur, mereka bisa melihat bahwa visi Nahdlatul Ulama ini adalah jawaban masalah mereka.

Kalau mereka mau berhenti menghalalkan darah orang dengan alasan kafir, tidak alasan lagi mereka untuk membunuh satu sama lain. Kalau mereka mau menerima kesetaraan di antara umat manusia tidak akanada lagi diskriminasi di sana. Kalau mereka mau menerima visi tentang keadilan dan kemanusiaan mereka pasti berjuang untuk membangun kehidupan sosial ekonomi yang adil.

Kita di sini harus memperjuangkan hal yang sama karena kita masih menghadapi masalah itu, tapi kit a sudah punya arah bbahwa kita menju ke sana. Kita tidak lagi meratapi sejarah yang menyakitkan. Mari kita berhenti meratapi sejarah yang menyakitkan. Semua orang punya sejarah yang menyakitkan, apakah itu bangsa-bangsa Barat yang Kristen, apakah itu bangsa Hindu dan Buddha, apakah itu bangsa Yahudi, semuanya punya sejarah yang menyakitkan yang menimbulkan hal yang menyakitkan terhadap bangsa yang lain. Mari kita berhenti meratapi itu semua dan melihat masa depan, tentang apa yang kita butuhkan untuk masa depan kita bersama. Itu visi NU. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here