Terjemah dan Penjelasan tentang Syair-syair al Burdah
Fasal 9
خدمته بمديحٍ استقيل به
ذنوب عمرٍ مضى في الشعر والخدم
Khadamtuhu bi madīĥin astaqīlu bihi
Dhunūba ‘ umrin mađā fish shi ‘ ri wal khida
Aku abdikan diriku pada sang nabi dengan pujian dengan mengharap ampunan
atas dosa-dosa hidup yang terlewatkan dalam bersyair dan pelayanan terhadap raja
(شرح)
مدحت رسول الله صلى الله عليه وسلم بمديح أطلب من الله تعالى ان يقيلني من أوزار عمر انقضى في إنشاء الشعر والخدم لأبناء الدنيا من الملوك وأصحاب الدولة
Penjelasan:
“Aku telah memuji Rasulullah saw dengan segala pujian demi mengharapkan pengampunan dari Allah SWT atas dosa-dosa yang telah aku kerjakan pada masa laluku dengan menciptakan syair-syair pujian terhadap raja dan para pejabatnya.”
إذ قلداني ما تخشي عواقبه
كأنَّني بهما هديٌ من النعم
Idh qalladāniya mā tukhshā ‘ awāqibuhu
Ka annanī bihimā hadyun minan na ‘ ami
Keduanya mengalungi diriku sesuatu yang akibatnya menakutkan
dengan dua perkara itu, seakan-akan diriku hewan sembelihan berupa unta
(شرح)
فإن الشعر والخدم كلفاني ارتكاب أمور من المكاره تخشى عواقبها كأنها قلادة في عنقي وكأني في التقليد كالنعم المقلد للهدي الى الحرم
Penjelasan:
“Syair dan khidmatku kepada mereka telah memaksa aku berbuat hal-hal yang tidak menyenangkan serta mengkhawatirkan akibatnya. Sehingga seolah-olah merupakan kalung di leherku. Dan ini seperti Na’am yang dikalungi sebagai tanda untuk disembelih buat korban dan sedekah.”
Na’am adalah jenis binatang seperti sapi, onta dan domba yang biasanya digunakan untuk sedekah atau untuk menebus pelanggaran dalam haji. Ini disebut juga ‘Hadyu’ (هدي). Biasanya seorang akan memberi tanda kalung atau benda lainnya pada binatang yang akan disembelih itu.
أطعت غي الصبا في الحالتين وما
حصلت إلا على الآثام والندم
Aţa’ tu ghayyaş şibā fil ĥālatayni wa mā
Ĥaşaltu illā ‘ alal āthāmi wan nadami
Kuturuti bujuk rayu masa muda dalam bersyair dan berkhidmah
Tak ada yang kudapatkan kecuali dosa dan penyesalan
(شرح)
امتثلت أمر ضلال الصبا في حالة اشتغالي بالشعر وفي حالة اشتغالي بخدمة الناس فما حصل لي الا الإثم والندامة
Penjelasan:
“Telah aku kerjakan kesesatan di masa remajaku dalam dua hal, atas pekerjaanku membuat syair-syair pujian. Dan kesibukan berkhidmat pada orang lain. Sedang itu tidak menguntungkan apa-apa bagiku, kecuali dosa dan penyesalan.”
فياخسارة نفسٍ في تجارتها
لم تشتر الدين بالدنيا ولم تسم
Fa yā khasārata nafsin fī tijāratihā
Lam tashtarid Dīna bid dunyā wal lam tasu
Alangkah ruginya jiwaku yang dalam perdagangannya
tidak pernah membeli agama dengan dunia pun tak pernah menawarnya
(شرح)
فما أخسر نفسي في تجارتها إذا لم تأخذ الدين بدل الدنيا ولم تساوم اي تتعرض لأخذه
Penjelasan:
“Maka betapa rugi jiwaku dalam perdagangan ini, apabila tidak kuambil agama sebagai ganti dunia dan tidak juga menawarkannya.”
ومن يبع آجلاً منه بعاجلهِ
يَبِنْ له الْغَبْنُ في بيعٍ وفي سلمِ
Wa man yabi ‘ ājilan minhu bi ‘ ājilihi
Yabin lahul ghabnu fī bay’ in wa fī salami
Barangsiapa menjual akhirat dengan dunia
Maka nyata baginya kerugian dalam jual beli dan akad salam
(شرح)
من باع آجلا اي ثواب الآخرة بعاجل اي بمتاع الدنيا فهو في خسارة كذالك فهو كمن باع غبنا حاضرة بثمن غائب سواء وقع العقد بلفظ البيع او بلفظ السلم
Penjelasan:
“Dan barang siapa yang menjual pahala akhirat dengan kesenangan dunia, maka ia pun akan mendapat kerugian. Ia seperti halnya seorang yang menjual sesuatu yang nyata karena tertipu dengan harga dibayar kemudian, baik hal itu dilakukan dengan akad jual beli maupun ‘salam’.
إن آت ذنباً فما عهدي بمنتقض
من النبي ولا حبلي بمنصرم
In āti dhanban fa mā ‘ ahdī bi muntaqiđin
Minan Nabiyyi wa lā ĥablī bi munşarimi
Jika dosa kulakukan janjiku pada nabi tidaklah terputuskan
Dan juga tali hubungan takkan terputuskan
(شرح)
فإيماني لم ينتقض وحبلي لم ينقطع من النبي ان عدت بعد توبتي وأتيت ذنبا فإني أرجو غفرانه لأن الذنب لا ينقض الإيمان
Penjelasan:
“Maka imanku tidak terlepas, tali hubunganku dengan Rasulullah saw tidak terputus walau jika aku kembali berbuat dosa setelah aku bertaubat. Maka sesungguhnya aku mengharapkan ampunan-Nya. Sesungguhnya sebuah dosa tidaklah akan merusak keimanan.”
فإن لي ذمةً منه بتسميتي
محمداً وهو أوفى الخلق بالذمم
Fa inna lī dhimmatan minhu bi tasmiyatī
Muĥammadan wa hwa awfāl khalqi bidh dh
Sesungguhnya aku punya jaminan yakni namaku ‘muhammad’
Dan beliau adalah makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna dalam hal janji
(شرح)
فإن لي أمانا بسبب تسميتي باسمه الشريف وهو محمد او أحمد وارتكاب الذم لا يقطع التسمية فإنه صلى الله عليه وسلم اكثر الناس وفاء بالعهد
Penjelasan:
“Sesungguhnya aku telah mendapatkan keamanan dari Nabi saw. Karena namaku sama dengan namanya. Muhammad atau Ahmad. Dan perbuatan dosa tidaklah akan menghapuskan nama. Sesungguhnya beliaulah orang yang paling setia dalam memenuhi janjinya.”
إن لم يكن في معادي آخذاً بيدى
فضلاً وإلا فقل يا زلة القدمِ
In lam yakun fī ma ‘ ādī ākhidhan bi yadī
Fađlan wa illā fa qul yā zallatal qadami
Jika di akhirat nabi tak ulurkan tangan menolongku sebagai anugerah,
maka sampaikanlah kata “wahai orang yang tergelincir kakinya”
(شرح)
إن يكن النبي صلى الله عليه وسلم في عودي يوم القيامة آخذا بيدي يشفع لي فضلا منه وإحسانا والا فزلة قدمي عن الصراط المستقيم الى نار جهنم وان كان كما أرجو فروح وريحان وجنة نعيم
Penjelasan:
Jika Rasulullah saw tidak mengambil tanganku di hari kiamat nanti untuk memberiku sebuah syafa’at sebagai anugerah dan kebaikan darinya, maka niscaya kakiku akan tergelincir dari ‘shirath al mustaqiim’ ke dalam api api neraka. Namun jika kudapat apa yang kuharapkan, maka bagiku hanyalah kegembiraan, kesenangan dan kenikmatan surga.
حاشاه أن يحرم الراجي مكارمه
أو يرجع الجار منه غير محترمِ
Ĥāshāhu an yaĥrimar rājī makārimahu
Aw yarji’ al jāru minhu ghayra muĥtarami
Terlalu jauh (tidak mungkin) apabila nabi menolak tuk memberi syafa’atnya kepada para pengharap syafaat Pun tidak mungkin pula seorang tetangga Rasul kan kembali tanpa mendapatkan penghormatan darinya
(شرح)
وحاشاه ان يحرم الراجي الذليل كرمه الجزيل وان يرجع من التجاء جواره المنيع من غير احترام
Penjelasan:
“Sifat beliau yang begitu pemurah, tidaklah mungkin menghalang-halangi orang-orang yang mengharapkan kemurahan syafa’at darinya. Dan tidak pula akan mengembalikan/menolak permintaan atau perlindungan dari mereka secara tidak hormat.
ومنذ ألزمت أفكاري مدائحه
وجدته لخلاصي خير ملتزم
Wa mundhu alzamtu afkārī madā – iĥahu
Wajadtuhu li khalāşī khayra multazimi
Sejak kucurahkan segala pikiran untuk memberikan aneka pujian
Maka untuk keselamatanku, nabi kudapatkan sebaik baik pemberi jaminan
(شرح)
في الزمن الذي ألزمت فيه أفكاري مدائحه وجدته خير ملتزم لخلاصي من جميع الشدائد التي تصيبني
Penjelasan:
“Dari semenjak aku pusatkan segala pikiranku hanya untuk memuji Nabi Muhammad saw aku telah mendapatkan sebaik-baiknya pembebas yang menjauhkan aku dari kesulitan yang melekat di diriku.”
ولن يفوت الغنى منه يداً تربت
إن الحيا ينبت الأزهار في الأكم
Wa lan yafūtal ghinā minhu yadan taribat
Innal ĥayā yunbitul azhāra fil akami
Pemberian nabi takkan luputkan setiap tangan yang membutuhkan
Susungguhnya hujan akan menghidupi bunga-bunga di bukit tinggi
(شرح)
وعطاياه لا تفوت به يد فقير ذي فاقة كالمطر إذا نزل الى الأرض يعم الأرض المرتفعة او غيرها
Penjelasan:
“Dan pemberiannya itu tak pernah luput diberikan kepada semua orang fakir yang membutuhkan. Seperti air hujan yang turun ke bumi begitu merata baik di tempat ketinggian maupun di tempat-tempat rendah.”
ولم أرد زهرة الدنيا التي اقتطفت
يدا زهيرٍ بما أثنى على هرمِ
Wa lam urid zahratad dunyal lati qtaţafat
Yadā zuhayrin bimā athnā ‘ alā harimi
Aku tidaklah mengharapkan dunia yang penuh kenikmatan
Seperti yang zuhair petik dengan tangannya atas raja haram yang ia puja
(شرح)
إن مدحي لرسول الله صلى الله عليه وسلم لا اريد به زهرة الدنيا وحطامها مثل ما حصل زهير من هرم بسبب ثنائه عليه وإنما أريد بذالك الشفاعة
Penjelasan:
“Pujianku terhadap Rasulullah saw tidaklah untuk mengejar kenikmatan dunia, sebagaimana yang telah didapat oleh Zuhair dari Harim bin Sinan. Sesungguhnya aku hanya mengharapkan syafa’atnya.” Zuhair, adalah kependekan nama dari Zuhair bin Abi Sulma Al Muzni ayah dari Ka’b bin Zuhair (yang telah memuji Nabi dengan Qasidah Banat Suad nya). la telah begitu memuji Harim bin Sinan Al Murri, seorang dari raja-raja Arab yang paling banyak memberinya hadiah.
Ijin copas copas Ya Syeh…semoga bermanfaat untuk ummat….AAmiinn
Ijin copas copas Ya Syeh…semoga bermanfaat untuk ummat….AAmiinn
Terimaksih
silahkan… semoga bermanfaat…
Aamiin…Burdahan ditemoat kami setiap malam kamis
Jika ada dalam bentuk PDF nya bolehkan saya memintanya, dikirim via WA
ngga punya kang, tp silahkan copas saja artikelnya. ke depannya, kami akan coba tambahkan fitur donlot ke pdf.. haturnuhun sudah berkunjung…
Jika ada dalam bentuk PDF nya bolehkan saya memintanya, dikirim via WA
Kak, saya ijin simpan, ya.
silahkan… trims ya.. udah berkunjung
Terima kasih dari kami di Jawa Timur atas sharingnya rekan2 LTNNU Jabar..
siap… sama sama, terimakasih banyak sudah berkunjung Kang…
Mohon ijin copas, pak kiyai… 🙏
lanjut… terima kasih sudah berkunjung ya…
Izin copas ya Syekh semoga tambah berkah, Amin yaa robbal Alamin
mangga kang… lanjut..
Izin copas ya Syekh semoga tambah berkah Amin yaa robbal Alamin
siap… lanjut kang..
aslmkm, sdh adakah yg berbentuk PDF